Mobil Hemat Energi Ikut Lomba SEM 2018

0

GEMA – Mobil Hemat Energi (MHE) merupakan tim di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Mesin yang dikhususkan untuk mengikuti dua lomba, seperti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dan Shell Eco-Marathon Asia (SEM). Tim MHE ini terdiri dari 5 divisi, yaitu divisi Body, Engine, Electrical, Chassis, dan divisi Non-Teknis seperti Sponsorship

Mobil Hemat Energi baru-baru ini telah mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 di Surabaya dengan menembus angka 200 km/liter. Pada lomba selanjutnya, Mobil Hemat Energi (MHE) akan mengikuti lomba Shell Eco-Marathon Asia 2018 di Singapura pada 8-11 Maret 2018 dengan mengirimkan Tim Gladiator 2 PNJ.

Tim ini akan menurunkan satu mobil Urban Concept ICE (Inner Combustion Engine) dengan nama Voltekta yang akan dikirim via shipping pada Februari 2018. Proses pembuatan Voltekta sejauh ini sudah rampung dalam pembuatan rangka. Mesin yang akan digunakan sudah ada, hanya tinggal proses perakitan body dan juga test-drive Voltekta itu sendiri. Dalam pengoperasiannya Voltekta, seperti mobil pada umumnya ada driver yang menjalankan mobilnya. Voltekta hanya cukup untuk satu penumpang saja, yaitu sang driver itu sendiri. Voltekta ini memiliki keunggulan, seperti penghematan efisiensi bahan bakar yang digunakan dan ingin mencapai target 200km/liter untuk lomba Shell Eco-Marathon Asia 2018.

Meskipun telah mendapat 4 sponsor, yaitu PT. Ebod Jaya, PT. Wijaya Karya (Persero), AHRS Racing Products dan JMD Power, serta Tim MHE juga telah mendapat izin dari pihak Gedung Direktorat PNJ dalam mengikuti perlombaan Shell Eco-Marathon Asia 2018, tetapi Tim MHE masih merasa kesulitan dana.

“Kesulitannya dana ya. Karena keterbatasan dana jadi tidak bisa leluasa dalam membeli barang,” ujar Rafi selaku Tim Manajer Mobil Hemat Energi yang mengaku kesulitan untuk mendapat dana dalam pembuatan MHE. (SEA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *