Source: google

Source: google

Sebagai warga yang tinggal di kota kecil, kuliah ke luar kota sudah menjadi kebiasaan. Senang rasanya apabila bisa kuliah di luar kota, apalagi jika masuk perguruan tinggi negeri. Namun, berkuliah di luar kota memiliki tantangan tersendiri, salah satunya harus bisa hidup mandiri. Karena jauh dari orang tua, maka kita harus terbiasa hidup mandiri dan bersikap dewasa.  Beradaptasi dengan lingkungan, teman baru, dan suasana baru juga menjadi tantangan tersendiri bagi perantau.

Homesick jadi salah satu masalah yang tidak bisa dihindari bagi para perantau. Biasanya homesick dialami pada masa-masa awal kuliah. Banyak penyebab terjadinya homesick, di antaranya karena masih harus beradaptasi, sedang sakit, atau hanya karena lelah dengan tugas dan ujian yang harus dihadapi. Homesick merupakan hal wajar yang biasa dialami oleh banyak orang. Namun, jika dibiarkan tentu akan menjadi hal yang tidak baik.

Gimana ya cara atasi homesick? Yuk disimak!

Mencoba menyibukkan diri

So guys, poin pertama ini bener-bener penting banget untuk mengatasi homesick. Karena biasanya, homesick itu terasa pada saat kita sedang tidak melakukan kegiatan apapun. Dalam keadaan seperti itu, besar kemungkinan kita akan merasa galau. Entah karena rasa rindu pada suasana di kampung halaman, rindu dengan orang tua, teman, atau kebiasaan–kebiasaan yang sering kita lakukan. Tapi jika kita menyibukkan diri dengan mengikuti banyak kegiatan di kampus, secara tidak sadar pikiran kita akan teralihkan dan rasa rindu terhadap kampung halaman jadi terlupakan sejenak.

Hangout bersama teman- teman

Source: google

Selain menyibukkan diri kita perlu mencari teman yang bisa mengerti dan memahami apa yang kita rasakan, karena dengan begitu kita tidak akan merasa sendirian. Hangout bersama teman merupakan pilihan yang tepat. Selain untuk menghilangkan perasaan homesick, hangout bersama teman ini pun bisa dilakukan untuk mengusir rasa jenuh terhadap banyaknya tugas dan ujian yang ada di depan mata. Ya, ibaratnya sebagai tempat untuk me-refresh diri.

Telepon atau Videocall

Source: google

Nah, cara yang ketiga ini sangat ampuh mengusir perasaan rindu terhadap orang tua dan teman yang berada jauh dari pandangan kita. Setidaknya, sehari sekali kita bisa menghubungi orangtua melalui telepon. Dan jika benar-benar sudah rindu akut sampai suara pun tidak bisa mengobatinya, kita bisa memanfaatkan videocall sebagai sarana untuk meluapkan kerinduan kita. Karena seperti  kata pepatah, “Dan kita harus selalu ingat bahwa kita berada di bawah langit yang sama”.

Ingat bahwa perasaan ini akan berlalu

Kita harus ingat bahwa perasaan ini tidak akan terus-menerus kita rasakan. Karena seiring berjalannya waktu, kita akan mulai terbiasa dengan situasi ini, dan bahkan homesick akan hilang dengan sendirinya.  Tapi jangan lupa, kita tetap harus melakukan keempat tips yang sudah disebutkan di atas agar perasaan homesick ini tidak berlarut – larut.

Demikian hal–hal yang perlu kita ketahui tentang homesick dan bagaimana cara mengatasinya. Intinya kita engga sendirian, masih banyak anak muda seperti kita yang sama–sama berjuang untuk menyelesaikan pendidikan. Tepis rasa rindu terhadap keluarga di rumah dengan tekad yang kuat, agar kita bisa pulang membawa gelar dan nilai terbaik yang membanggakan. Keep fighting!

Penulis: Risty Adhelya

Editor : ZAHARANISAA AZKA K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *