Empat Macam Penyakit Musim Pancaroba

0

Shutterstock

Kalian pasti tahu kan sekarang di Indonesia lagi musim pancaroba? Ternyata ada loh beberapa penyakit yang datang saat musim pancaroba. Wah, bahaya tuh! Apalagi kawula muda, seperti kita yang memiliki aktivitas padat, tentu rentan banget terkena penyakit. Apa aja sih kira-kira penyakit di musim pancaroba? Yuk, simak!

1.Flu

Source: google

Flu disebabkan oleh virus yang masuk ke saluran pernapasan. Biasanya ditandai oleh bersin-bersin. Setelah itu, hidung kalian akan merasa sulit bernafas. Salah satu cara penyembuhannya bisa menggunakan vicks inhaler.

2. Batuk

Source: google

Biasanya batuk diawali dengan tenggorokan kering dan gatal. Terkadang batuk juga muncul bersamaan dengan flu. Cara penyembuhan alaminya, yaitu dengan air perasan jeruk nipis dan ditambahkan kecap, atau membeli obat batuk di apotek. Kalau batuk tidak kunjung sembuh hingga seminggu, disarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut di dokter atau klinik terdekat.

3. Demam

Source: google

Demam diawali dengan badan lesu, mata terasa panas, dan bisa juga ditandai dengan kedua penyakit di atas. Terkadang demam muncul disertai pusing juga. Kalau demam sudah lebih dari tiga hari, disarankan untuk periksa ke dokter ya!

4. Malas Gerak (mager)

Source: google

Nah, salah satu penyakit ini sering terjadi nih, apalagi di kalangan kawula muda. Dilansir dari hellosehat.com, gaya hidup sedentari atau yang disebut mager adalah pola perilaku manusia yang minim aktivitas atau gerakan fisik. Namun, untuk beberapa orang kebiasaan tersebut sudah menjadi bagian dari rutinitas harian sehingga mereka terlanjur merasa nyaman. Mager akan mengakibatkan konsentrasi menurun, meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung, gangguan fungsi kognitif, menyebabkan resistensi insulin, serta memicu osteoporosis.

Terus kalau sudah terkena penyakit yang ada di atas, gimana dong? Tenang aja, ada beberapa tips nih agar bisa menjaga kesehatan pada musim pancaroba, di antaranya :

  1. Perbanyak minum air putih, minimal delapan gelas per hari atau setara dengan empat liter air. Air putih sangat penting untuk tubuh supaya tidak kekurangan cairan.
  2. Olahraga secara rutin.
  3. Minum vitamin C, minimal 500 mg per hari.
  4. Istirahat yang cukup.
  5. Mengonsumsi makanan bergizi untuk mengembalikan stamina.

Dari penjelasan di atas, kalian bisa mengetahui macam-macam penyakit yang datang pada musim pancaroba. Jadi, mulai sekarang kalian harus menjaga kesehatan serta mengatur pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut. Keep healty!

Penulis : Fitria Nur Rahmawati

Editor : Bagus Kusumo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *