Tips Menghadapi UAS ala Mapres PNJ

0

Halo, kawan GEMA!

Seringkali ujian dijadikan sebagai suatu hal yang sangat menakutkan bagi sebagian pelajar di Indonesia baik di jenjang sekolah dasar hingga bangku kuliah. Terlebih pelajar umumnya lebih fokus hanya untuk mengejar nilai semata. Nah, mindset inilah yang sudah sepatutnya diubah. Nilai yang tinggi tidak bisa menjadi satu-satunya parameter kecerdasan seseorang, akan tetapi harus diiringi dengan pemahaman materi.

Saat ini Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta hendak menempuh Ujian Akhir Semester. Yuk, Kawan  simak bagaimana persiapan serta kiat-kiat yang dilakukan oleh Abdullah Khalid Yahya, Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer sekaligus Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Prestasi di PNJ dalam menghadapi Ujian Akhir Semester hingga serangkaian tes di Pemilihan Mapres PNJ.

GEMA sudah merangkum beberapa di antaranya, loh.

1. Manajemen Waktu

Mahasiswa yang aktif dalam UKM Mars Project ini biasanya meluangkan waktu di malam hari untuk menyelesaikan project freelance. Sedangkan, segala urusan tugas kampus harus diselesaikan di kampus sehingga ketika di rumah, waktu tersebut bisa ia manfaatkan untuk belajar dan mengerjakan PR yang memang harus dikerjakan saja.

Bahkan di masa libur, mahasiswa tetap bisa produktif, lho. Ia melakukan kegiatan kepanitiaan dan organisasi di kampus, belajar kelompok, dan magang, seperti mahasiswa yang bekerja sebagai web developer ini.

2. Menumbuhkan Motivasi Diri

“Prestasi bisa dicapai ketika ada usaha. Usaha akan ada bila sudah punya motivasi,” ujar Abdullah Khalid Yahya.

Baginya salah satu kegiatan yang mampu memotivasi diri, yaitu mentoring dan sharing. Sebab mentor akan membimbing mahasiswa agar timbul keinginan untuk berprestasi. Pun saat sharing dengan mahasiswa lain, kita bisa juga memeroleh ilmu dan wawasan yang lebih luas lewat diskusi.

3. Mempelajari Materi Sebelum Ujian

Jauh sebelum ujian dilaksanakan, mahasiswa boleh mencicil dan merangkum materi yang akan diujikan. Jadi, belajar tidak akan terasa berat tatkala memasuki masa Ujian Akhir Semester.

4. Mencari Sumber Lain Selain Bahan Ajar yang Diperoleh Di Kelas

Alternatif guna mencari referensi bahan ajar bisa didapat dari beberapa sumber, misalnya buku ataupun searching di internet terkait materi yang dipelajari.

5. Jujur dan Percaya Diri

Walaupun pernah mendapat nilai rendah, Abdullah Khalid Yahya selalu mengedepankan kejujuran dan rasa percaya diri. Sehingga di tes selanjutnya, ia tidak hanya terpaku memikirkan nilai melainkan cara memperbaiki hal itu dengan terus mencoba berlatih dan meningkatkan frekuensi belajar.

Ada cerita menarik nih yang dialami Juara 1 Pemilihan Mapres ini pada tahap seleksi mahasiswa prestasi terutama waktu proses presentasi. Mulanya ia menduga terdapat banyak kesulitan karena kurang mempersiapkan presentasi. Namun, penguasaan mental dan rasa percaya diri membuatnya berhasil menghadapi tahap tersebut.


Nah itu dia, tips yang diberikan oleh Abdullah Khalid Yahya  untuk menghadapi Ujian Akhir Semester dan serangkaian tes di Pemilihan Mahasiswa Prestasi PNJ.

Jadilah pelajar yang tidak hanya cerdas, tapi juga berkarater yang baik ya, Kawan GEMA.

Semoga bermanfaat! (TA/FH)

Editor : Farhan Ali Raafi

Sumber foto : Dokumentasi pribadi & Unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *