Dies Natalis PNJ ke-37 Ajak Mahasiswa Ekspresikan Kreativitas

0

Gemagazine – Ratusan mahasiswa merayakan hari jadi atau Dies Natalis kampus yang ke-37 bersamaan dengan momen pergantian direktur periode 2020/2024. Dies Natalis yang jatuh pada 20 September 2019 baru bisa digelar pada Senin (2/12) di Lapangan Utama, Politeknik Negeri Jakarta.

Penampilan dari Jurusan Teknik Elektro.

Parade dan yel-yel jurusan mengawali Dies Natalis. Acara yang dilaksanakan sebelum menyambut diskusi terbuka dengan para calon direktur ini, turut dihadiri oleh Hafiduddin selaku Perwakilan Pembantu Direktur 3 bidang Kemahasiswaan. Ia berpesan supaya seluruh agenda kegiatan dapat berjalan aman dan tertib. Pemotongan tumpeng menjadi simbolis pembukaan Dies Natalis ke-37.

Kali ini, Dies Natalis mengusung tema “Ekspresi Mahasiswa” dalam rangka mengajak seluruh civitas akademika untuk aktif berkarya memanifestasikan harapan terkait kemajuan kampus. Hal tersebut disampaikan melalui hasil karya mural dari seluruh jurusan di Politeknik Negeri Jakarta.

Dies Natalis turut dipadati oleh beberapa aksi kreatif, seperti orasi, monolog, serta teatrikal. Salah satu penampilan yang paling menyedot perhatian adalah teatrikal dari Teknik Alat Berat. Eksistensi karya seni mahasiswa ini membuktikan bahwa mahasiswa dapat menyampaikan aspirasi dengan cara damai dan kreatif.

Teatrikal dari Teknik Alat Berat.

Perbedaan mencolok dari tahun sebelumnya adalah narasi yang berfokus pada isu pemilihan direktur sekaligus harapan lima tahun mendatang kepada kandidat direktur PNJ periode 2020/2024.

Adapun lima garis besar tuntutan yang diajukan dalam Dies Natalis, yaitu akademik, kemahasiswaan, status tanah PNJ, ketenagakerjaan, sekaligus sarana dan prasarana. Di samping itu, transparansi dan keterbukaan informasi juga turut menjadi harapan mahasiswa.

“Meskipun membawa aspirasi berbeda dari tiap jurusan, hal tersebut tidak menyuruti antusiasme para mahasiswa bahkan menjadi salah satu indikator yang menyatukan seluruh jurusan,” ujar Bagas Maropindra selaku Ketua BEM PNJ 2019/2020. (TA)

Editor: Zahra Alifia

Fotografer: Dharmajati Yusuf Fadli dan Saibi Adnan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *