Kenali RAM, Fungsi, dan RAM Ideal Pada Smartphone

0

Di era globalisasi, pertumbuhan teknologi dan jaringan bertumbuh sangat pesat. Anda mungkin salah satu yang tak lepas dari pertumbuhan teknologi, terutama smartphone. Produsen smartphone berlomba-lomba untuk memperoleh konsumen dengan fasilitas dan kualitas yang disediakan karena mengikuti perkembangan yang sangat cepat,

Ketika Anda akan membeli smartphone, salah satu spesifikasi yang dipertimbangkan adalah besarnya RAM. Kapasitas RAM smartphone pun bervariasi, mulai dari 1, 4, 8, 12 dan bahkan hingga 18 GB. Apa itu RAM dan apa fungsinya pada smartphone? Mengapa smartphone membutuhkan RAM yang cukup besar? Berikut penjelasan tentang RAM.

Pengertian RAM

Random Access Memory (RAM) memiliki prinsip kerja yang sama dengan memori internal (storage) yang biasa dipakai untuk menyimpan foto, video, aplikasi, atau hal lainnya. Hanya saja, kemampuan membaca dan menulis RAM jauh lebih cepat dan mumpuni dibanding storage.

Fungsi RAM pada Smartphone

RAM tak dapat dipisahkan dengan informasi-informasi yang terdapat pada smartphone. Berikut beberapa fungsi RAM yang perlu Anda ketahui.

  1. Membantu penggunaan Multitasking

Penggunaan multitasking adalah untuk mengerjakan ataupun membuka lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan.

  1. Membantu menyimpan memori sementara

RAM mampu menyimpan sementara memori dalam sebuah aplikasi ataupun program yang Anda miliki. Saat program berjalan, maka informasi akan disimpan dalam RAM.

  1. Menentukan spesifikasi

RAM berfungsi sebagai patokan spesifikasi suatu teknologi gadget. Tentu saja, kapasitas pada RAM perlu Anda perhitungkan saat akan membeli sebuah hp. Apabila smartphone yang dibeli hanya akan digunakan sebagai keperluan harian, maka Anda tak perlu memiliki smartphone dengan kapasitas RAM besar.

Namun, jika Anda suka bermain game, kemungkinan smartphone Anda harus berkapasitas besar. Sebab, hal ini berpengaruh pada kualitas game yang akan Anda peroleh.

  1. Memiliki fungsi vital dalam gaming dan desain

Sebuah game pada hp atau komputer tentunya membutuhkan RAM yang besar untuk penyimpanan serta pengoperasiannya. Apalagi, jika Anda menyukai sebuah permainan dengan desain 3D. Tentunya, Anda butuh RAM besar.

Dengan memiliki sebuah smartphone game dengan RAM besar, Anda akan merasakan perbedaan saat bermain menggunakan kapasitas RAM yang sedang atau kecil. Hal ini juga berpengaruh pada desain permainan yang ditampilkan dilayar.

Apakah RAM harus besar?

Apakah kita membutuhkan smartphone dengan RAM besar? Jawabannya tergantung pemakaian pemilik ponsel. Sebab, semakin banyak aplikasi yang dipasang atau dijalankan, maka semakin besar RAM yang dibutuhkan.

RAM mampu mempercepat kinerja pada gadget yang Anda miliki. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat pula proses kinerja yang didapatkan. Kecepatan pada sistem operasi juga ditentukan dengan besaran kapasitas RAM yang dimiliki.

Jika kita lihat aplikasi yang ada saat ini, rata-rata harus memiliki ruang yang besar. Misalnya, aplikasi messenger (seperti WhatApp, Line, Telegram, dan lainnya) yang sudah memakan ratusan MB memori smartphone. Browser Chrome yang sering digunakan juga mampu menghabiskan RAM di atas 100 MB.

RAM ideal untuk smartphone

Menurut pakar dari Geekbench 4, John Poole, RAM 4 GB sebetulnya sudah cukup untuk penggunaan harian. Berdasarkan kebiasaan pengguna, orang-orang normalnya hanya menggunakan Sembilan aplikasi per hari dan hampir tiga puluh aplikasi selama sebulan. Meski begitu, yang dibutuhkan sebenarnya hanya 2, 3 GB per hari untuk mengoperasikan 47 aplikasi untuk sebuah smartphone yang memiliki RAM sebesar 4 GB.

Namun, apakah RAM yang lebih besar akan mempengaruhi penggunaan harian sebuah smartphone? Jawaban Poole adalah Ya. Dia menjelaskan, lebih banyak RAM yang dimasukkan ke dalam smartphone, maka lebih besar tenaga yang dibutuhkan dan makin cepatlah tenaga baterai habis. Dengan kata lain, jika tidak menggunakan RAM, maka tidak akan menguras tenaga baterai. Proses di background juga butuh energi.

Sebagai kesimpulan, RAM 4 GB bisa jadi ukuran RAM ideal atau terbaik untuk sebuah smartphone apabila tak punya solusi untuk menghemat daya. Sebab, ia bisa mencapai keseimbangan penggunaan yang lancar untuk aktivitas multitasking dan penggunaan harian yang lebih Panjang.


Penulis: Sri Rahayu

Penyunting: Sevilla Nouval Evanda

Sumber ilustrasi: harapanrakyat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *