Kendalikan Duniamu dengan Atur Waktumu

0

Waktu merupakan satu kata berjuta makna yang berputaran pada pusat kegiatan manusia. Pagi hingga malam bergulir setiap hari. Pernahkah kamu merasa 24 jam saja tidak cukup untuk menjalani segala kegiatanmu? Mari kita berkenalan dengan kata “manajemen waktu”. Manajemen waktu adalah kata yang tidak asing bagi sebagian kalangan masyarakat. Kata manajemen waktu sering wara-wiri di berbagai media sosial. Waktu dan dunia kita merupakan dua kata yang saling melekat satu sama lain. Waktu merupakan dunia kita menjalankan aktivitas.

Apa itu manajemen waktu?

Manajemen waktu adalah cara individu mengendalikan waktu secara efisien dan efektif dalam melakukan berbagai rencana kegiatan. Manajemen waktu juga sejalan dengan menentukan skala prioritas individu. Khususnya bagi mahasiswa yang memiliki berbagai kesibukan beragam, baik perkuliahan, magang, organisasi, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi krusial untuk mendisiplin diri karena membantu individu dalam mengendalikan dunianya.

Cara ini memengaruhi pola pikir individu melalui langkah kecil dan mengendalikan waktunya. Contohnya, tugas harus dikumpul pada 19.00, tetapi si A justru chill marathon film hingga 21:30. Akhirnya, si A lupa mengerjakan tugas yang seharusnya dikumpulkan. Kasus ini menunjukkan bahwa pelaku tersebut tidak bisa mengendalikan waktu dan dunianya sebagai mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Lalu, bagaimana caranya mengatur waktu yang baik?

Berikut ini cara manajemen waktu:

  1. Memiliki tekad yang kuat

Langkah pertama dari manajemen waktu adalah tekad untuk menjalankannya. Dalam mengatur waktu dibutuhkan komitmen yang kuat. Buatlah catatan kecil motivasi di tempat yang sering dilihat agar menyadarkan diri untuk manajemen waktu. Selalu ingat, bahwa waktu yang digunakan sebijaksana mungkin akan membantu seseorang menuju gerbang kesuksesan.

  1. Membuat daftar kegiatan

Langkah kedua adalah membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan beserta tenggat waktunya. Letakan daftar ini di tempat yang sering dilihat agar mudah dibaca. Cara ini akan membantu individu untuk menentukan langkah kegiatan selanjutnya. Tidak perlu dibuat seindah mungkin. Cukup dibuat sederhana, tetapi dilakukan secara konsisten.

  1. Menentukan Skala Prioritas

Langkah selanjutnya, kelompokkan berbagai kegiatan yang sudah ada. Buat list yang berbeda agar bisa menentukan skala prioritas. Lingkari kegiatan yang sekiranya mendesak dan penting untuk dikerjakan terlebih dahulu. Kegiatan yang tidak mendesak usahakan dilakukan setelah kegiatan yang urgent selesai dilakukan. Skala prioritas ini ditentukan oleh individu dan bersifat subjektif.

  1. Buat tantangan untuk diri sendiri

Buat tantangan dan reward jika berhasil melakukan skala prioritas yang ada. Setelah melakukan kegiatan tersebut, kita dapat melakukan me time sejenak. Cara ini memberikan semangat kepada diri sendiri.

  1. Reminder

Langkah yang tidak kalah penting adalah selalu lakukan reminder. Baik melalui alarm maupun minta bantuan teman untuk mengingatkan diri. Cara ini membantu mendisiplinkan diri untuk selalu menggunakan waktu dengan bijaksana. Lawan segala rasa ingin menunda ketika Anda sudah diingatkan melalui teman, alarm, ataupun aplikasi tertentu.

Manajemen waktu bukanlah hal yang mudah. Cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi yang terpenting dilakukan secara konsisten. Konsisten merupakan satu-satunya cara untuk menjaga diri agar berpegang teguh pada tantangan manajemen waktu ini. Ingatlah sekecil apa pun langkah yang diambil akan berdampak ke depannya. Waktu terbatas bagi yang tidak bijaksana mengaturnya begitu pun sebaliknya.


Penulis: Sabrina Sita Thedora Sembiring

Penyunting: Fadilla Namira

Sumber foto/ilustrasi: Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *