Serba-serbi Seputar Cuti Bersama Lebaran 2022

0

A group of young Muslim adults pulling their luggage in preparation for 'balik kampung' (voyage hometown).

 

Pemerintah mengumumkan cuti bersama Lebaran 2022 yang pada tahun ini terasa spesial. Lantaran dalam dua tahun terakhir tidak ada cuti bersama lebaran dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus pada masyarakat.

Kini, wabah pandemi Covid-19 sudah mulai bisa dikendalikan, pemerintah memberikan kelonggaran aturan dengan memutuskan untuk memberikan   cuti bersama Lebaran 2022. Berikut fakta seputar cuti bersama Lebaran 2022:

1.  Diumumkan Jokowi

Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang mengumumkan cuti bersama dan libur lebaran tahun ini. Ketentuan cuti bersama akan diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB)  3 Menteri.

“Keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur lebih rinci melalui keputusan bersama menteri menteri terkait,” kata Jokowi dalam keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

2.  Libur Lebaran Selama Satu Minggu

Cuti bersama Lebaran 2022 ditetapkan pada tanggal 29 April serta tanggal 4, 5, dan 6 Mei 2022. Sementara itu, Hari Raya Idul Fitri ditetapkan pada 2 dan 3 Mei 2022.

Berikut rincian tanggal merah dan cuti bersama Lebaran 2022:

  • 29 April : cuti bersama
  • 30 April – 1 Mei: libur akhir pekan
  • 2-3 Mei : libur lebaran
  • 4-6 Mei : cuti bersama
  • 7-8 Mei : libur akhir pekan

3.  Taat Prokes, Pandemi Belum Berakhir

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan bahwa pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Masyarakat diminta untuk tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan dengan ketat.

“Saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai. Kita semua harus selalu waspada, bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan,” tegasnya.

4.  Puluhan Juta Orang Siap Mudik

Pemerintah memperkirakan jumlah masyarakat yang akan melakukan mudik pada tahun 2022 kembali bertambah, dengan perkiraan sebelumnya sebanyak 80 juta orang, kini diproyeksikan naik menjadi 85 juta orang.

Perkiraan tersebut merupakan hasil survei terkini yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan. Dari data jumlah pemudik tersebut, sebanyak 14 juta pemudik berasal dari  Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Meski pemerintah sudah memberikan kelonggaran aturan di masa pandemi Covid-19 dengan memutuskan untuk memberikan cuti bersama lebaran, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan disiplin dalam menjaga protokol kesehatan dengan ketat, karena pandemi ini belum berakhir.


Penulis   :  Salsa Dwi Novita

Penyunting:  Sayyidah Hanifah Kahayandi

Foto:  iStock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *