Kuliah Umum MICE 2022 Sesi 3: Era Kebangkitan Industri Event

0

Setelah sukses menyelenggarakan sesi pertama Kuliah Umum (Kulum) pada awal Oktober lalu, salah satu program studi dari Jurusan Administrasi Niaga yaitu MICE, telah resmi menyelesaikan sesi ketiganya pada hari Sabtu (08/10/22) secara hybrid melalui Zoom Meeting dan tatap muka di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok.

Masih mengusung tema yang sama, sesi ketiga Kuliah Umum MICE 2022 ini membahas mengenai sektor sumber daya manusia untuk menghidupkan kembali event di era pascapandemi. Pembawaan materi yang dimoderatori oleh Imam Syafganti, M.Si. berlangsung sangat kondusif dan menyenangkan.

Kuliah Umum MICE 2022 sesi ketiga kali ini mengundang dua pembicara yang memiliki pengalaman dalam kegiatan exhibition maupun conference. Didit Siswodwiatmoko, selaku Managing Director PT Temali Indonesia, menyampaikan dalam materinya bahwa jika ingin menyelenggarakan acara atau pameran itu harus memiliki integritas, kelayakan, konsistensi, komitmen, dan kompetensi sebagai dasarnya.

Penyelenggara Indonesia International Pet Expo (IIPE) itu pun mengatakan, “jika ingin sukses jangan takut untuk memulai.” Selain itu, pada akhir penyampaian materi ia menyebut, “networking itu sangat penting dalam dunia pameran atau event, dan untuk menyelenggarakan suatu pameran atau event itu harus memiliki T.E.A.M, yaitu Together, Everyone, Achieves, and More.”

Masih mempunyai benang merah dengan materi sesi sebelumnya, pembicara kedua Kuliah Umum MICE 2022 yaitu Gracia Wuwungan sebagai Business Development Direction PT Internusa membagikan pengalamannya menjadi seorang Professional Conference Organizer (PCO). Dalam penyampaian materinya, ia menerangkan mengenai dua belas fungsi yang dimiliki human resources. Tidak hanya itu, beliau juga membahas tentang konsep hybrid yang sering dilaksanakan pada era pasca pandemi. Ia menuturkan, “hybrid akan menjadi tren dalam conference, maka dari itu kemampuan digital itu penting,”

Dari kedua pemateri di atas dapat disimpulkan bahwa dalam pembahasan sumber daya manusia yang sangat luas ini perlu kualifikasi khusus untuk menjadi sumber daya manusia MICE dan memiliki tantangan yang perlu ditingkatkan dalam era digital sehingga dapat dikuasai secara baik. Kemeriahan acara ditutup dengan penampilan dari Ray Surajaya sebagai tanda berakhirnya Kuliah Umum MICE 2022.


Penulis: Siti Khaliza Putri Oktaviani

Penyunting: Farah Andini

Foto: Raiqa Biyan Sukmawijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *