SINGKAT BERBUDAYA: MENGENAL BUDAYA DEPOK DALAM SATU HARI

Foto

Foto: Mice 2022

Foto: Mice 2020

Tepat pada tanggal 21 Januari 2023 di Alun-Alun Kota Depok, Singkat Berbudaya resmi dibuka. Acara ini menjadi salah satu wadah untuk memperkenalkan budaya betawi kepada masyarakat luas sekaligus melestarikan budaya tersebut melalui berbagai program mulai dari Ngarak Budaya Kite, Abang Mpok Bocah Show, Lomba Tari Tradisional, Nonton Nyok, Ngayab Nyok, Karaoke (Karakoe), hingga bazar yang turut melengkapi rangkaian acara.

Singkat Berbudaya diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) Politeknik Negeri Jakarta angkatan 2020, yang didukung oleh Pemerintah Kota Depok. Acara ini resmi dibuka oleh Dadan Rustandi ST, M.Si selaku Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata, Nunung Martina, S.T., M.Si. selaku Wakil Direktur I Politeknik Negeri Jakarta, Dr. Dra., Iis Mariam, M. Si selaku Kepala Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta dan Komang Manik Chandrapratiwi selaku Project Officer Singkat Berbudaya.

Program Singkat Berbudaya ini turut dimeriahkan oleh Ngarak Budaya Kite sebagai parade budaya Betawi dan palang pintu sebagai pembukaan acara. Rangkaian acara dilanjutkan dengan Lomba Abang Mpok Bocah Show yang diisi dengan lomba peragaan busana budaya Betawi. Tidak hanya itu, Singkat Berbudaya juga diisi dengan Lomba Tari Tradisional. Pemenang dalam Lomba Abang Mpok Bocah Show dan Tari Tradisional telah memperoleh piala dan sertifikat yang ditandatangani oleh Wakil Wali Kota Depok, Ir. H. Imam Budi Hartono.

Singkat Berbudaya menghadirkan lebih dari 20 exhibitor UMKM Kota Depok dari berbagai jenis booth seperti makanan, minuman, pakaian dan kerajinan. Selain mengunjungi beraneka ragam booth, para pengunjung juga dapat mengikuti program Ngayab Nyok yang merupakan ruang permainan tradisional seperti rangku alu, gasing, congklak dan gundu. Acara ini ditutup dengan program Karaoke (Karakoe) yang bernuansa musik masa kini dan diaransemen dengan unsur tradisional. (MICE2020/GIM)