Mahasiswa Baru Keluhkan Kendala Prosedur Saat Daftar Ulang

Foto: Gigih Persada

Gemagazine – Pelaksanaan daftar ulang online calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Jakarta jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) mengalami kendala dalam memenuhi dan melengkapi seluruh persyaratan akademik (03/04/2023).

Salah satu kendalanya mengenai petunjuk atau panduan dalam mengisi formulir via situs web dengan batas waktu yang tergolong singkat, yakni mulai 29 Maret–3 April 2023.

Beberapa calon mahasiswa mengeluhkan kendala, seperti petunjuk daftar ulang yang sulit dipahami, situs web yang terkadang eror, miskomunikasi, dan informasi yang kurang jelas dari pihak PNJ.

“Untuk login-nya membutuhkan waktu lama, bahkan tidak bisa karena banyak yang mengakses sehingga sistemnya down, jadi data atau file yang diinput tidak dapat terupload,” tutur Muhammad Fachrul, salah satu calon mahasiswa baru PNJ jurusan Teknik Mesin.

Selain itu, beberapa calon mahasiswa pendaftar beasiswa KIP-K turut mengalami kebingungan untuk menyelesaikan berkas-berkas pendaftaran yang harus dipilih dan diisi karena minimnya sosialisasi pendaftaran ulang.

“Kurang informasi, kurang arahan juga, jadi kita harus tanya sendiri ke kakak tingkat atau layanan terintegrasi PNJ. Dan yang bikin sulitnya lagi berbeda gitu jawabannya, jadi bingung harus ngikutin yang mana. Misal, aku ngajuin KIP-K lalu nanya tentang pembuatan akun dan pemilihan seleksi KIP-K di layanan terintegrasi PNJ, nanya langsung juga ke kating Formadiksi (Forum Mahasiswa Bidikmisi), namun jawabannya berbeda. Di layanan terintegrasi PNJ bilangnya tidak apa-apa pilih saja seleksinya, nah kating Formadiksi bilangnya jangan diisi seleksinya. Sebagian besar pertanyaan yang sama suka berbeda jawabannya,” ungkap Kassandra Maquita Putri, calon mahasiswa baru PNJ jurusan Administrasi Niaga.

Pada tahap akhir daftar ulang online, calon mahasiswa baru diminta untuk mengirim penyerahan berkas yang dapat diantar melalui jasa pengiriman barang, seperti POS, TIKI, dan JNE. Diutamakan untuk yang berada di luar kota sebaiknya dikirim melalui ekspedisi agar lebih cepat diterima. (AZ/AYY)