Hindari Persapan Lebaran Berlebihan

0

Foto: Unsplash

Gemagazine – Umat Islam di seluruh dunia akan merayakan momen yang paling penting, yaitu perayaan Idulfitri. Tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan, contohnya seperti pakaian dan makanan. Dalam memenuhi hal itu, orang-orang kerap kali terjebak dalam kesibukan dan keinginan untuk memenuhi tuntutan sosial tersebut. Ini tentunya dapat mengakibatkan terganggunya kelancaran ibadah puasa.

Dampak mempersiapkan Lebaran yang berlebihan

Mempersiapkan Lebaran yang berlebihan akan memberikan dampak negatif. Seperti terlalainya ibadah di bulan Ramadan. Padahal ibadah di bulan Ramadan jauh lebih mulia ketimbang mementingkan urusan duniawi. Tak jarang, kita menemukan orang yang melalaikan ibadah, seperti meninggalkan salat, lupa membayar zakat, dan bahkan membatalkan puasa. Hal ini tentunya mengurangi esensi dari Ramadan itu sendiri.

Selain dapat melalaikan ibadah, mempersiapkan Lebaran dengan berlebihan juga dapat memicu stres dan kelelahan. Ini tentunya dapat mengganggu kesehatan fisik dan juga mental. Tak jarang, banyak orang yang jatuh sakit akibat mempersiapkan kebutuhan Lebaran secara berlebihan.

Tidak hanya itu, alih-alih meningkatkan sedekah di bulan Ramadan, orang-orang justru semakin berperilaku konsumtif menjelang Lebaran dan terlena dengan nilai-nilai yang seharusnya dijunjung tinggi di bulan Ramadan. Banyaknya biaya yang perlu dikeluarkan guna memenuhi citra sosial, seperti membeli busana baru, makanan khas lebaran, aksesori diri, hingga rumah, dan hadiah. Ini bisa berdampak negatif jika dilakukan secara berlebihan.

Cara mempersiapkan Lebaran di zaman sekarang

Kemajuan teknologi dan informasi dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk memudahkan kita dalam mempersiapkan Lebaran. Sudah banyak toko-toko yang menjual produknya secara daring dan memberikan penjelasan mengenai produknya secara detail sehingga kita dapat membelinya sesuai keinginan kita. Selain itu, terdapat juga ulasan yang tersebar di media sosial yang dapat membantu kita untuk mengetahui produk yang akan dibeli.

Mempersiapkan dengan cara seperti ini dinilai jauh lebih efektif dan efisien. Kita tidak perlu lagi berjalan mencari produk dari satu toko ke toko lainnya yang dapat melelahkan diri sendiri. Menjelajahi toko daring tidak membuat seseorang menjadi kelelahan dan ibadah pun tidak terganggu lagi.

Di bulan yang penuh berkah ini, alangkah baiknya untuk lebih fokus meningkatkan ibadah dan keimanan diri. Berlebihan dalam mempersiapkan Lebaran bukanlah hal yang baik. Jika memerlukan sesuatu, manfaatkanlah teknologi guna menghemat waktu dan juga tenaga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *