Prank ala Jokowi dan Rusaknya Jalanan Lampung

Foto: Source-Youtube : Sekretariat Presiden

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau sejumlah jalan rusak di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Menurut Presiden Jokowi, infrastruktur merupakan kunci dari distribusi logistik daerah.

Adanya kunjungan Presiden Jokowi itu pun membuat pemerintah Provinsi Lampung berbenah. Apalagi sebelumnya, viral Tiktoker Bima yang mengkritisi pembangunan infrastruktur di Lampung dan mengeluhkan sejumlah jalan di Lampung yang rusak parah.

Sebelum kunjungan presiden, tampak ada perbaikan jalan di Lampung yang dinilai dilakukan secara instan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyulap jalan rusak di Kecamatan Rumbia menjadi mulus menjelang kedatangan Presiden Jokowi. Perbaikan jalan itu dikebut Pemprov Lampung untuk menyambut kedatangan presiden.

Kedatangan Presiden Jokowi ini sudah diagendakan melintasi jalan di Kecamatan Rumbia. Pemprov Lampung pun sudah mengebut perbaikan jalan tersebut, hingga Kamis (4/5/2023). Sejumlah alat  berat masih bekerja di kawasan tersebut.

Dari rekaman video yang diambil oleh fotografer istana kepresidenan, Agus Suparto, Presiden Jokowi tidak melintasi jalan di Rumbia, Lampung Tengah yang sempat viral tersebut. Rombongan Presiden Jokowi memilih melintasi Jalan Terusan Ryacudu di Lampung Selatan, Jalan Seputih Raman, Jalan Seputih Banyak, dan Jalan Simpang Randu. Kondisi jalan-jalan tersebut memang telah rusak sejak lama.

Dengan menggunakan mobil kepresidenan jenis sedan, Presiden Jokowi melintasi jalan provinsi yang rusak di Lampung. Kondisi jalan yang hancur membuat rombongan presiden harus melaju ekstra hati-hati.

“Presiden Jokowi tidak sampai Rumbia. Presiden Jokowi tadi melewati Kota Gajah, salah satu dari 14 ruas yang juga kami prioritaskan untuk diperbaiki,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana, mengutip dari detiknews, Minggu (7/5/2023).

Meskipun demikian, Gubernur Lampung membantah perbaikan jalan dilakukan karena akan datangnya Presiden Jokowi.

Alasan Presiden Jokowi Memilih Jalan Berbeda

Menurut pihak istana, Presiden Jokowi tidak melintasi jalur yang telah dijadwalkan karena sudah mengetahui adanya perbaikan jalan.

Alih-alih melewati jalan yang sudah ditambal, Presiden Jokowi justru ingin melintasi jalan yang kondisinya belum diperbaiki agar merasakan secara langsung kerusakan jalan yang terjadi  di Lampung.

Jokowi Meminta Masyarakat Lampung Viralkan Jalanan Rusak

Apa semua lokasi jalan yang ditinjau presiden mengalami kerusakan parah?

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi meninjau terlebih dahulu jalan rusak di Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan.

Ruas ini tidak masuk dalam 14 ruas jalan prioritas yang akan diperbaiki Pemprov Lampung melalui APBD 2023. Namun, jalan ini tetap akan diperbaiki karena merupakan akses utama pintu tol Kotabaru Itera.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa masih ada jalan rusak di daerah-daerah lain, baik di Lampung maupun luar provinsi.

Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk segera menyampaikan keluh kesah mereka dengan melampirkan video di kolom  komentar akun Twitternya. (PSY/TMH)