Yuk Berkunjung ke Art: 1 New Museum dan Art Space

Foto: reddoorz.com

Gemagazine – Art: 1 New Museum yang berada di Jalan Rajawali Selatan Raya Nomor 3, Kota Administrasi Jakarta Pusat, merupakan museum yang awalnya sebuah Galeri Seni bernama Mon Decor (1983) yang didirikan oleh Martha Gunawan.

Museum ini telah mengalami pembaruan sebagai upaya untuk membangun sarana bagi karya penting seni rupa yang bisa diapresiasi. Materi yang dipamerkan juga beragam dan berasal dari karya seniman yang sudah teruji dalam perkembangan dunia seni rupa Indonesia. Tak heran bila museum yang diresmikan pada 18 Oktober 2011 ini menjadi pemenang ajang Museum Award 2012 untuk kategori Sarana dan Fasilitas Pengunjung. Dapat dikatakan bahwa Art: 1 New Museum dan Art Space merupakan wadah dalam memamerkan karya para seniman untuk melakukan berbagai kegiatan lainnya.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Datang ke Museum Art: 1 New Museum

Sebelum datang ke museum ini, Anda diharuskan melakukan reservasi yang tersedia pada akun Instagram Art: 1 New Museum.

Untuk masuk ke New Museum, Anda harus membayar uang registrasi, sementara untuk masuk ke Art Space Anda boleh masuk tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis.

Saat pertama kali masuk ke gedung ini, Anda akan dihadapkan pada sebuah karya milik seniman Indonesia, Sunaryo, yang dinamakan “Titik Jeda”. Karya dengan ukuran yang hampir sama dengan aslinya ini menampilkan bentuk scaffolding lengkap dengan manusia dan karung-karung yang digunakan. “Titik Jeda” menjadi tanda kelahiran Art: 1 New Museum Mondecor dan bermakna bahwa karya seni akan terus berkembang.

Selanjutnya, pada lantai dasar terdapat sebuah ruang pameran yang cukup luas. Naik ke lantai dua, ada beberapa karya lukisan yang akan berganti dengan karya lukisan lain sesuai dengan jadwal seniman yang sedang menyelenggarakan pameran. Sementara itu, di lantai tiga, pengunjung disambut karya dari Nyoman Nuarta berupa patung berjudul “Legenda Borobudur”. New Museum dan Art Space ini hanya dipisahkan semacam koridor yang terdapat di setiap lantai, masing-masing ditata secara beraturan sesuai tema seni.

Museum ini memiliki koleksi dari para seniman, seperti patung, lukisan, dan lain sebagainya. Salah satu karya yang menarik perhatian adalah perahu terbalik yang terbuat dari kayu. Ini adalah hasil karya Anusapati dengan judul “Nenek Moyangku Orang Pelaut”.

New Museum menyimpan berbagai koleksi lukisan, patung, hingga karya instalasi. Sebaliknya, di Art Space terdapat lukisan, instalasi, video art hingga karya fotografi.

Berbagai koleksi seni maupun bersejarah bisa kalian nikmati sekaligus menambah wawasan seputar seni. Art: 1 New Museum merupakan satu museum baru yang bisa Anda datangi untuk melihat berbagai koleksi menarik

Berekreasi mengunjungi museum bisa menjadi pilihan untuk Anda berlibur sambil edukasi karena banyak seni yang bisa memanjakan mata sekaligus mendapatkan ilmu tentang seni. (NNF/FT)