Sugoihesso Exhibition: Perpaduan Budaya Pop Jepang dan Korea

Foto: Jonathan Victorian Wijaya

Gemagazine – Sugoihesso Exhibition 2023 sukses diselenggarakan dengan acara berupa pameran gabungan budaya Jepang dan Korea. Acara ini diselenggarakan pada 14–16 Juli di The Brichall, Fatmawati City. Sugoihesso Exhibition 2023 menawarkan berbagai hal menarik, seperti meet and greet, Art Installation, K-pop dance cover, dan masih banyak lagi.

Nama “Sugoihesso” sendiri merupakan gabungan dari kata “Sugoi” dan “Sugohaesso”. “Sugoi” dalam Bahasa Jepang berarti keren, sementara “Sugohaesso” artinya kerja bagus. Pameran ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memamerkan kebudayaan Jepang dan Korea dengan mengambil inspirasi dari era J-pop dan K-pop yang sedang merajalela di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, Sugoihesso Exhibition telah mengadakan dua pre-event menarik. Pre-event pertama diadakan di Chuseyo Cafe Kemanggisan pada 8 April 2023 untuk merayakan ulang tahun Renjun dan Jeno dari grup K-pop NCT. Para penggemar berkumpul untuk merayakan momen spesial ini dengan musik, kegiatan penggemar, dan rasa kebersamaan. Pre-event kedua diadakan di Mangga Dua Square pada 29 April 2023. Acara ini menampilkan Coswalk Competition dengan cara para peserta memamerkan keterampilan cosplay mereka. Selain itu, terdapat penampilan spesial dari Animarathon yang menghidupkan karakter anime terkenal di panggung.

Untuk acara utamanya sendiri, Sugoihesso Exhibition menampilkan pertunjukan khusus yang mengakomodasi selera unik penggemar budaya pop Jepang dan Korea. Ada Performance Friday Noraebang yang menghormati budaya karaoke Korea yang hidup, ceria, dan memungkinkan para peserta untuk bernyanyi sepuas hati dengan lagu-lagu K-pop yang populer. Sementara itu, Twenty Nine Teens menyenangkan penonton dengan pertunjukan J-pop yang penuh semangat. Mencerminkan melodi yang catchy dan koreografi energik yang menjadi ciri khas genre tersebut. 

Sugoihesso Exhibition berhasil menggabungkan yang terbaik dari budaya pop Jepang dan Korea. Hal ini tentu menyajikan pengalaman mendalam bagi penggemar. Acara ini merayakan keragaman dan kreativitas yang ditemukan dalam dua industri hiburan yang berpengaruh saat ini. 

“Dengan merangkul era J-pop dan K-pop, Sugoihesso Exhibition memperlihatkan dampak dan daya tarik global budaya Jepang dan Korea dalam skala besar. Meninggalkan kesan yang mendalam bagi para pengunjung dan lebih memperkuat ikatan antara kedua komunitas yang penuh semangat ini,” ucap Evelyn Fidelia selaku Project Manager Sugoihesso Exhibition 2023. (TGP/RB)