Kiprah Dua Penyanyi Indonesia di AGT 2023

Foto: Haibunda.com

Dua penyanyi Indonesia melebarkan sayap ke dunia internasional melalui ajang pencarian bakat, America’s Got Talent (AGT) 2023. Penyanyi itu adalah Putri Ariani dan Cakra Khan. Penampilan mereka di audisi AGT telah berhasil memukau penonton dan para juri Simon Cowell, Heidi Klum, Sofia Vergara, dan Howie Mandel.

Putri Ariani, seorang penyanyi tunanetra, berhasil memukau juri America’s Got Talent lewat lagu ciptaannya sendiri “Loneliness” dan “Sorry Seems to Be the Hardest Word” dari Elton John. Kedua lagu itu dilantunkan dengan keindahan piano oleh Putri Ariani dan berhasil mempesona seluruh studio. Putri mendapatkan standing ovation yang luar biasa dari para juri. Penampilan apiknya memikat hati salah satu juri, Simon Cowell, yang langsung memberikan golden buzzer. Dengan pencapain itu, Putri berhak langsung ke babak live show.

Cara Belajar Putri di Sekolah

Putri masih berstatus pelajar di SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul, yang lebih dikenal dengan nama Sekolah Menengah Musik (SMM). Selama ini, Putri memang dikenal dekat dengan teman-temannya dan dia tidak ingin dipandang menonjol daripada murid lainnya supaya tetap fokus belajar dan memiliki banyak teman. Untuk siswi seperti Putri, indra yang bisa fokus dimaksimalkan untuk belajar di antaranya ialah indra pendengaran dan penciuman.

Dengan memanfaatkan teknologi audio membuat Putri lebih mudah untuk belajar karena dapat ditangkap oleh indra pendengaran. Setelah itu, dapat direkam menggunakan sarana komputer yang di dalamnya terdapat program musik. Putri juga memanfaatkan keyboard bluetooth yang bisa merekam lalu dia dengarkan kembali untuk dipelajari.

Cakra Khan Tampil di America’s Got Talent

Cakra Khan juga berhasil menarik hati  para juri dengan suaranya yang dinilai unik dan khas. Nama Cakra Khan sendiri telah malang melintang sebagai salah satu penyanyi pria tersohor di belantika musik Indonesia, bahkan hingga ke Negeri Jiran, Malaysia. Meski begitu, aksi panggung Cakra Khan di hadapan Simon Cowell dan juri lainnya tetap banjir pujian dari sesama artis maupun warganet.

Penampilan Cakra Khan di panggung America’s Got Talent tayang pada Selasa (18/7/2023) pukul 8 p.m waktu setempat, di stasiun TV NBC. Sebelum menampilkan talentanya, Cakra Khan memperkenalkan diri kepada para juri dan penonton. Menjawab pertanyaan Heidi Klum tentang jenis musik yang dibawakannya, Cakra Khan mengatakan dia menyukai musik blues dan soul.

Awalnya Cakra Khan membawakan lagu “Make It Rain”, lagu milik Foy Vance pada 2009, yang direkam ulang oleh Ed Sheeran. Suara Cakra Khan langsung mengundang tepuk tangan penonton. Namun, Simon Cowell menginterupsi dengan alasan dia tidak menyukai lagu tersebut. Cakra Khan kemudian memilih lagu “No Woman No Cry” milik Bob Marley sebagai pengganti lagu pertama.

Penonton dan keempat juri America’s Got Talent 2023 memberi standing ovation. Para juri memuji Cakra Khan serta menyebutnya memiliki suara unik dan tak terlupakan yang jarang dimiliki orang lain. Setiap juri pun memberi jawaban “yes” untuk penampilan Cakra Khan, yang membuatnya lolos ke babak berikutnya.

Motivasi Ikut America’s Got Talent 

Motivasi penyanyi kelahiran Pangandaran, Tasikmalaya ini ikut America’s Got Talent ialah untuk membuat dirinya semakin berkembang. Selain itu, ternyata Cakra Khan punya niat mulia jika ia memenangkan America’s Got Talent. Diketahui, pemenang AGT berhak mendapatkan uang sebesar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp15 miliar. Jika ia memenangkannya, Cakra ingin membuat tempat penampungan hewan.

Motivasi serta alasan dari Cakra pun sempat membuat para juri berdecak kagum. Sebab, jawaban tersebut di luar dugaan para juri. Simon Cowell sempat berujar “Wow” saat Cakra mengatakan hal tersebut dan Heidi memuji keinginan penyanyi Indonesia ini. (AZ/AYY)