KAWS Holiday: Boneka Raksasa di Kawasan Candi Prambanan

Foto: Kaws x Prambanan by instagram KAWS

Sempat viral di media sosial, sebuah boneka pink raksasa telentang di pelataran Candi Prambanan, Desa Bokoharjo, Sleman, Jawa Tengah. Warna dan desain yang mencolok begitu kontras dengan kemegahan Candi Prambanan. Boneka tersebut merupakan bagian dari event KAWS: Holiday.

Boneka raksasa KAWS karya seniman Brian Donnelly yang menjadi ikon seni rupa kontemporer menghiasi pelataran Candi Brahma, komplek Candi Prambanan, Yogyakarta. Boneka raksasa ikonik KAWS yang berbentuk mirip Mickey Mouse itu terlihat telentang sambil menutup kedua matanya. Boneka raksasa ini memiliki panjang 45 meter, tinggi 15 meter, berwarna pink, dan hanya tersedia di tanggal 19–31 Agustus 2023 saja. Acara ini merupakan rangkaian KAWS: Holiday Indonesia yang merupakan tur pameran keliling dunia.

Lantas, Apa Itu KAWS?

KAWS merupakan nama alias dari seniman Brian Donnelly. Ia merupakan seorang seniman Pop Art dan grafiti asal New Jersey, Amerika Serikat. Karya ikonik KAWS berupa boneka dengan ciri khas mata X-X yang dibuat pada tahun 1999. Pada tahun itu pula, KAWS mulai dipamerkan dalam bentuk lukisan dan berbagai produk di Colette, Paris.

KAWS dikenal lantaran kerap membuat instalasi raksasa dengan bentuk dan warna yang khas dengan bahan pembuatannya berupa material seperti fiberglass, alumunium, kayu, perunggu, besi, dan karet.

Brian Donnelly sering menggambar KAWS di berbagai medium wilayah tempat ia tinggal, seperti papan iklan, halte bus, hingga telepon koin. Setelah lulus dari School of Visual Arts New York dengan gelar Bachelor of Fine Arts (BFA), Donelly sempat bekerja sebagai seniman freelance di Disney.

Mengenal KAWS: Holiday Sebagai Karya Seni yang Menakjubkan

KAWS: Holiday kini menjadi sorotan bagi para pecinta seni dan liburan di seluruh dunia. Karyanya mencerminkan kombinasi seni kontemporer dengan elemen-elemen menarik lainnya.

Sebenarnya KAWS adalah karakter yang dibuat untuk serial animasi The Kimpsons. Sejak hadirnya karakter KAWS yang unik, salah satu perusahaan mainan Bounty Hunter milik Jepang berani memproduksi serta menjual mainan karakter tersebut. Dimulai dari itu, akhirnya KAWS banyak disukai oleh masyarakat dunia.

Tidak heran jika semua kalangan menyukainya hingga menjadi koleksi pribadi. Sekilas KAWS sedikit menyerupai Mickey Mouse, tetapi KAWS memiliki ciri khas tersendiri, seperti bentuk mata X-X dan memiliki dua tanduk di bagian kepalanya.

Alasan KAWS: Holiday digelar di kawasan Candi Prambanan

KAWS memilih Candi Prambanan sebagai lokasi untuk instalasinya atas berbagai pertimbangan. Alasan-alasan ini meliputi pemandangan lanskap yang menakjubkan dan nilai sejarah budaya yang dapat melengkapi karyanya.

Candi Prambanan adalah warisan budaya dengan arsitektur dan sejarahnya yang memukau. Menjadikannya latar sempurna untuk seni kontemporer ini. Dalam hal ini, seni kontemporer KAWS: Holiday dan keagungan Candi Prambanan menyatu, menciptakan kombinasi yang memesona bagi wisatawan. Selain menikmati karya seni modern, pengunjung juga dapat terhanyut dalam keindahan Candi Prambanan.

Dengan mengetahui berbagai informasi mengenai karya seni ini, menjadikan KAWS: Holiday sebagai karya yang patut dinikmati oleh pecinta seni dengan menggabungkan unsur seni kontemporer dan budaya Indonesia. (AZ/RB)