Sembilan Tahun Kepemimpinan Jokowi: Aksi Mahasiswa Kembali Digelar

0

Pendemo

Foto: Setya Wahyu Pradana

GEMAGAZINE – Ratusan mahasiswa berkumpul melakukan aksi demonstrasi untuk mengkritik dan mengevaluasi kepemimpinan era Jokowi yang sudah menjabat sebagai presiden selama dua periode. 

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan dan protes mahasiswa terhadap pemerintah. Demonstrasi terjadi di depan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (20/10). 

Beberapa ketua BEM yang hadir dalam aksi tersebut melakukan kajian dan orasi secara bergantian untuk menyampaikan tuntutan mahasiswa kepada pemerintah. 

Adapun tuntutan yang dibawa mahasiswa dalam aksi demonstrasi, yaitu menolak dwifungsi abri, pengusutan tuntas kekerasan aparat, penegakan reformasi hukum, perbaikan sistem pertanian di Indonesia, pengusutan tuntas konflik di daerah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan berantas Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN).

Dundi Ichsan, BEM Polimedia, Departemen Luar Negeri mengatakan, hukum yang ada di Indonesia saat ini tidak konsisten dan terlalu memihak serta menguntungkan aparat negara. 

“Ada beberapa tuntutan yang dibawa, salah satunya penegakan hukum yang tidak rekonsistensi dari dalam aparat hukum maupun aparat negaranya juga,” kata Dundi Ichsan.

Para demonstran juga berharap dapat bertemu dengan perwakilan pihak istana untuk berdiskusi dan mendengarkan tuntutan yang disampaikan oleh mahasiswa.  (ren/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *