Debat Perdana Cawapres: Adu Gagasan Ekonomi, Perdagangan, Pajak, dan Infrastruktur

0

Foto: Freepik.com

 

GEMAGAZINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat perdana calon wakil presiden 2024 yang diikuti oleh ketiga cawapres pada Jumat (22/12/2023) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat yang dimulai pukul 19.00 WIB.

Tema debat kali ini adalah ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Ketiga cawapres yang beradu gagasan, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.  

Esensi debat pilpres adalah memberikan kesempatan kepada cawapres dalam menyampaikan visi, misi, serta program kerja mereka kepada publik. Dengan adanya debat, para pemilih dapat memahami komitmen setiap kandidat sehingga memungkinkan mereka membuat keputusan yang tepat ketika pemilihan nanti. 

Keberanian Wujudkan Aturan Main dan Keadilan 

Dalam pemaparan visi misinya, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, menjanjikan akan menciptakan perubahan pakai hati dan otak. Ia berulang kali mengatakan slepet. Sarung adalah simbol kesetaraan dan keadilan. Sarung itu lembut jika ditangan orang yang baik, bisa jadi slepet itu atas ketidakadilan dan kecurangan.  

“Yang tidak ada dalam kebijakan ekonomi kita saat ini adalah keberanian untuk mewujudkan aturan main yang adil dan keberanian untuk berpihak pada rakyat. Itulah mengapa kami menggagas slepet sebagai solusi ekonomi kita. Segala ketidakadilan kita slepet. Kita hadirkan perubahan berupa pemerataan dan pembangunan kota-kota dan desa-desa di seluruh Indonesia,” tegas Muhaimin Iskandar. 

Kerja Keras, Fokus, dan Berani Lakukan Lompatan  

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan akan melanjutkan hilirisasi. Bukan hanya hilirisasi tambang saja, tetapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain. Gibran juga berkomitmen untuk meneruskan proyek Ibu Kota Negara (IKN) yang menjadi salah satu program andalan Jokowi.  

Ia mengatakan pembangunan IKN Nusantara yang berkelanjutan akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, serta membuka akses, konektivitas, dan lapangan kerja. Menurutnya, pembangunan IKN ini bukan hanya membangun bangunan pemerintah, tetapi juga sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia dan transformasi pembangunan Indonesia. Jika itu berjalan dengan lancar, maka Indonesia akan menjadi raja energi hijau dunia.  

Ganjar-Mahfud Pastikan Penyelenggaraan Negara Bersih 

Sementara itu, Mahfud MD sebagai cawapres nomor urut 3, menyoroti maraknya korupsi di Indonesia sebagai penghalang terbesar untuk mencapai kemakmuran ekonomi. Pertumbuhan ekonomi tujuh persen dalam setahun hanya tercapai pada tahun 1989 sampai dengan 1891 di era orde baru. Para ahli mengatakan, hanya karena kebodohan kita makanya kita tidak bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi.

Banyak korupsi di sektor-sektor pertumbuhan ekonomi. Dilansir GEMAGAZINE dari siaran langsung di laman Youtube MetroTV, “Korupsi terjadi di tiga bagian, ketika menginjak bumi ada korupsi di tanah dan pertambangan, di laut ada korupsi di masalah kelautan, kita melihat pesawat terbang di udara juga ternyata banyak korupsi yang mengakibatkan rakyat menjadi miskin. Kuncinya adalah bagaimana kita memberantas korupsi,” ucap Mahfud dalam menutup penyampaiannya.

 

(aan/vmg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *