Foto: Pixabay.com

 

Teknik Foreground Background adalah pendekatan dalam desain grafis atau fotografi di mana elemen-elemen utama atau penting (foreground) disorot dengan jelas dari latar belakang (background) untuk menciptakan fokus yang jelas pada subjek. Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan kontras warna, pencahayaan, atau efek visual lainnya.

Para ahli dalam desain grafis, fotografi, dan seni visual sering mengakui pentingnya teknik foreground-background untuk menciptakan komposisi yang kuat dan menarik. Menurut seorang fotografer ternama, Ansel Adams, menekankan pentingnya pemilihan elemen utama (foreground) dan latar belakang yang kuat dalam fotografi untuk menciptakan komposisi yang berkesan. Dia sering menggunakan teknik cahaya dan bayangan untuk menonjolkan subjek utama.

Apa, sih, tujuannya? Tujuan dari teknik ini sendiri ialah untuk menarik perhatian pemirsa pada elemen yang dianggap paling penting dalam komposisi. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menerapkan teknik ini:

1. Identifikasi subjek utama

Tentukan elemen atau subjek utama yang ingin Anda sorot dalam gambar.

2. Penempatan subjek

Tempatkan subjek utama di depan atau di bagian depan komposisi untuk membedakannya dari latar belakang.

3. Pilih lensa yang sesuai

Gunakan lensa dengan bukaan besar (rendah f-stop) untuk menciptakan kedalaman bidang yang terbatas. Hal ini membuat subjek utama lebih tajam dan latar belakang kabur.

4. Gunakan kontras warna

Pilih warna untuk subjek yang kontras dengan warna latar belakangnya sehingga subjek menjadi lebih mencolok.

5. Pencahayaan

Atur pencahayaan untuk menyoroti subjek. Pilihan pencahayaan bisa menciptakan bayangan dan highlight yang membedakan subjek dari latar belakang.

6. Komposisi asimetris

Hindari penempatan subjek secara simetris di tengah. Lebih baik atur secara asimetris untuk menciptakan ketegangan visual yang menarik.

7. Manfaatkan fokus

Gunakan teknik fokus selektif atau depth of field yang dangkal untuk memusatkan perhatian pada subjek utama.

8. Pemotretan dengan kedalaman

Manfaatkan elemen-elemen di latar belakang, seperti struktur atau objek untuk memberikan kedalaman pada gambar.

9. Pengolahan digital

Jika memungkinkan, lakukan pengolahan digital untuk meningkatkan kontras, pencahayaan, atau memanipulasi warna guna memperkuat perbedaan antara foreground dan background.

10. Eksperimen dan evaluasi

Cobalah berbagai posisi dan sudut pengambilan gambar. Evaluasi hasilnya untuk memastikan subjek utama benar-benar terpisah dari latar belakang.

Dengan menggabungkan elemen-elemen ini, Anda dapat menciptakan gambar yang memiliki fokus yang jelas pada subjek utama dengan memanfaatkan teknik foreground-background.

 

Foto: Unsplash.com

 

Para ahli dalam desain grafis, fotografi, dan seni visual sering mengakui pentingnya teknik foreground-background untuk menciptakan komposisi yang kuat dan menarik. Beberapa pandangan dari para ahli dapat mencakup:

1. Edward Tufte (desainer informasi)

Tufte mempromosikan konsep “data-ink ratio” yang mendukung efisiensi dalam menyampaikan informasi. Dalam konteks teknik foreground-background, dia menekankan pada pemilihan elemen visual yang kritis (foreground) untuk menyampaikan pesan utama dengan jelas.

2. Don Norman (ahli desain)

Dalam konteks desain, Norman menyoroti pentingnya membuat elemen interaktif atau informasi yang paling penting (foreground) mudah ditemukan dan diakses oleh pengguna dengan latar belakang yang mendukung tanpa mengganggu.

3. Paul Rand (perancang grafis)

Menekankan pada penggunaan elemen grafis yang kuat sebagai foreground untuk menarik perhatian, sementara latar belakangnya memberikan konteks yang mendukung.

 

Foto: Reza Ferdian

 

Pendekatan dan pandangan para ahli ini mungkin bervariasi tergantung pada disiplin ilmu dan konteksnya. Namun, kesamaannya adalah pengakuan akan pentingnya pemilihan dan penataan elemen dalam menciptakan keseimbangan visual yang efektif antara foreground dan background.

 

Foto: Reza Ferdian

 

(daz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *