Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Melalui PBL EXPO PNJ 2024

0

Foto: Shalsabhilla Putri

GEMAGAZINE – Project Based Learning (PBL) EXPO PNJ 2024 kembali digelar dengan mengusung tema “Cultivating Generational Change: Moving Towards a Better Future”. Acara ini diisi dengan pameran karya mahasiswa dari berbagai jurusan serta seminar. 

Acara PBL EXPO PNJ 2024 diselenggarakan pada tanggal 12–13 Juni 2024, di Auditorium Lantai 3, Gedung Perpustakaan, Politeknik Negeri Jakarta. Pada acara ini, terdapat seminar dengan tema “Pentingnya Menjadi Mahasiswa Politeknik yang Adaptif, Kuat, dan Tangguh”, yang diisi oleh Komisaris Utama PT Ikapunija Pakar Mandiri, Chairuddin ST. MM. Selain mahasiswa PNJ, seminar ini juga dimeriahkan oleh para mahasiswa baru PNJ. 

Chairuddin menegaskan pentingnya menanamkan growth mindset untuk menghadapi berbagai tantangan di dalam dunia perkuliahan. Mahasiswa harus siap menghadapi kritik dan aspirasi dari segala arah. Maka dari itu, growth mindset diperlukan untuk membentuk mahasiswa yang adaptif, kuat, dan tangguh serta mampu belajar dari kesalahan. 

“Yang pertama, yang harus dibangun adalah mindset kita. Kalau kita bilang kita bisa sukses, pasti jadi sukses,” jelas Chairuddin. 

Chairuddin pun menekankan para mahasiswa baru untuk mengutamakan kemampuan dalam berkolaborasi. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dan inovatif juga perlu diasah untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi perkembangan zaman. 

Skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa maupun calon mahasiswa yaitu kemampuan kolaborasi, yang kedua harus berpikiran kritis, critical thinking, dan kemampuan berikutnya inovasi,” pungkas Chairuddin.

Dengan hadirnya PBL EXPO PNJ 2024 sendiri merupakan bentuk representasi kemampuan berkolaborasi, berpikir kritis, serta inovatif dari mahasiswa PNJ.

(ft/sh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *