SAMAGOV: Luncuran Aplikasi Portal Layanan Publik Samarinda

0

Foto: Tangkapan Layar Tim GEMAGAZINE dari Samagov.id.

GEMAGAZINE — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) bagi para pemimpin di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan portal layanan publik Samagov sehingga dapat dikelola lebih efisien demi memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan pemerintahan secara digital.

Aplikasi Samagov sendiri diluncurkan pada 9 september 2024 oleh Pemerintah Kota Samarinda sebagai Super-app yang mendukung berbagai layanan kota dalam satu platform. Aplikasi ini hadir sebagai solusi digital untuk berbagai masalah yang dihadapi warga dan masyarakat Kota Samarinda, memungkinkan mereka mengakses berbagai layanan secara lebih mudah.

Fitur Utama Samagov

Aplikasi Samagov menawarkan kemudahan akses warga terhadap berbagai layanan dan informasi pemerintahan. Dirancang dengan teknologi berbasis cloud, Samagov menjamin keamanan data pengguna. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah integrasi layanan publik yang komprehensif, melalui satu platform masyarakat dapat mengakses layanan, seperti pembayaran pajak, perizinan, pengaduan, dan informasi publik lainnya.

Samagov juga dirancang untuk memudahkan warga Kota Samarinda dalam berbagai urusan pemerintahan. Namun, aplikasi ini tidak terbatas hanya untuk warga lokal karena pengguna dari luar kota juga dapat mengaksesnya dan aplikasi ini menerapkan prinsip Open Data.

Mengapa Samagov Penting?

Samagov menyederhanakan berbagai proses pengurusan dokumen dan perizinan sehingga masyarakat tidak lagi perlu antre di kantor pemerintahan. Selain itu, aplikasi ini meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dengan memberikan kesempatan kepada warga untuk memantau perkembangan perizinan dan status layanan yang sedang diakses secara real-time.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya transformasi digital di Kota Samarinda, di mana berbagai layanan pemerintahan diintegrasikan dalam satu platform. Peluncuran Samagov yang didukung oleh pelatihan DLA merupakan langkah penting dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan layanan publik, memperkuatkan transparansi, dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan pemerintahan secara digital.

Dengan adanya Samagov, sebagai solusi dalam digitalisasi layanan publik, juga menjadi bagian penting dalam persiapan menghadapi tantangan global di era digital. Dengan langkah ini, transformasi digital yang tepat bisa menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam meningkatkan kualitas layanan publik yang lebih modern, inklusif, dan terintegrasi.

 

(sna/nnf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *