Jadwal Operasional Bipol yang Tak Menentu

Foto: Putri Syifa Amelia

Gemagazine – Bus Politeknik atau yang akrab disebut Bipol merupakan sarana transportasi yang disediakan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) untuk mempermudah akses mahasiswanya menuju kampus. Namun, jam operasional yang tak menentu kerap kali menyulitkan para mahasiswanya untuk mengakses sarana transportasi tersebut. (06/04).

Selain itu, keluhan lain yang dirasakan dari mahasiswa terkait Bipol ini adalah tidak sebandingnya jumlah armada Bipol yang disediakan oleh pihak kampus dengan jumlah mahasiswa yang menumpangi bus tersebut.

Secara keseluruhan, PNJ memiliki lima bus aktif yang dioperasikan oleh tiga sopir. Tiga di antara bus tersebut digunakan untuk menjemput dan mengantar para mahasiswa. Dua bus lagi digunakan untuk keperluan kunjungan industri.

“Bus baru keluar kan setengah tujuh, paling sampai stasiun jam tujuh. Kalau jam sepuluh habis yaudah habis. Kalo udah siang gini ya istirahat, kalau di stasiun udah gak ada mahasiswa ya istirahat,” ujar Risan, salah satu sopir Bipol.

Berbeda dengan bus kuning (Bikun) milik UI, Bipol tidak memiliki jadwal yang pasti dibanding dengan Bikun yang sudah memiliki jadwal teratur.

“Bipol nggak ada shift-shiftan, bukan kayak di UI yang memang siswanya ribuan dan kedua mobilnya gede-gede. Jadi kalo di sini emang nggak ada. Cuma satu-satu aja, satu orang satu mobil,” tambahnya.

Di sisi lain, Risan menuturkan bahwa untuk penambahan armada Bipol perlu adanya kebijakan dan persetujuan dari kantor PNJ. (VM/RB)