FLEX EV Milik PNJ Siap Tampil di Ajang Hannover Messe 2023

Foto: Candra Andrean

Gemagazine – Mobil listrik hasil inovasi mahasiswa dan dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) bernama FLEX EV, terpilih untuk tampil di ajang bergengsi Hannover Messe pada 17–21 April 2023 di Jerman, (18/23).

Sebagai kendaraan listrik, FLEX EV dinilai lebih terjangkau, nyaman, dan aman dibanding sepeda motor. FLEX EV menawarkan berbagai keunggulan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya di perkotaan seperti Jakarta. Keunggulan yang terdapat pada mobil FLEX EV ini adalah sudah full electric sehingga tidak perlu menggunakan bensin lagi sebagai bahan bakar. Selain itu, mobil ini bertipekan city car yang dinilai lebih compact, rapi, dan ramah lingkungan sehingga cocok digunakan di kota-kota besar seperti Jakarta. 

Untuk prototipe FLEX EV itu sendiri merupakan hasil kerja sama antara mahasiswa Teknik Mesin, Teknik Informatika dan Komputer, Kelompok Studi Mahasiswa Mobil Listrik PNJ (KSM Kolis), dan bantuan dosen melalui pendanaan.

“Untuk lingkup mahasiswa dan dosen, kami bisa berinovasi di bidang kendaraan listrik di mobil FLEX EV ini, dan kita juga dapat kesempatan untuk ikut dalam ajang bergengsi Hannover Messe 2023 serta mendapat pengetahuan dan pengalaman,” ucap Gilang Yuliyanto selaku ketua KSM Molis PNJ.

Di ajang Hannover Messe 2023, FLEX EV tidak akan ditampilkan secara fisik, tetapi dalam bentuk digital. Konten digital yang dikerjakan oleh tim mahasiswa dari Prodi Teknik Multimedia Digital ini bisa dinikmati oleh para pengunjung melalui kacamata virtual reality (VR) yang sudah disediakan dan bisa dilihat secara 360 derajat.

“Harapannya, untuk mahasiswa pastinya menjadi titik balik atau kesadaran apa pentingnya riset dan inovasi, terutama dalam industri listrik. Karena ini ajang bergengsi, mahasiswa harus lebih berperan aktif dan mendapat support berupa materi, pembelajaran, serta ilmu. Saya juga berharap PNJ lebih memperhatikan lagi,” tambahnya. (TGP/RB)