Gemagazine – Memasuki musim penerimaan mahasiswa baru, banyak siswa tingkat SMA/SMK berlomba mengejar kampus impian mereka. Salah satunya ialah Politeknik Negeri Jakarta.

Sabtu (20/07) di Politeknik Negeri Jakarta telah berlangsung Ujian Mandiri Politeknik Negeri Jakarta atau dikenal dengan UM PNJ 2019. UM PNJ 2019 diikuti oleh 3.172 calon mahasiswa baru dengan kuota 30% dari total 2.100 calon mahasiswa baru yang diterima.

Jumlah pendaftar tersebut berkurang dari jumlah pendaftar UM PNJ tahun lalu sebanyak kurang lebih 5.000 peserta. Hal ini diduga karena UM PNJ 2019 dilaksanakan bersamaan dengan PENMABA UNJ 2019, sehingga yang mendaftar UM PNJ ini adalah orang-orang yang ingin berkuliah di Politeknik.

 “Jadi tahun ini turun, kalau kita lihat-lihat, kenapa? Ternyata UM kemarin bareng sama UNJ ujiannya, jadi di UM ini bener-bener orang yang milih Politeknik karena yang milih UNJ ke sana dia,” ujar Anicetus Damar Aji, ST, M. Kom selaku Ketua Pelaksana UM PNJ 2019.

UM PNJ 2019 ini lebih banyak diikuti oleh lulusan SMA dibandingkan dengan lulusan SMK dengan jurusan yang paling banyak diminati, yaitu MICE, TIK, dan Akuntansi.

Salah satu peserta UM PNJ 2019, Mukhammad Syaiful Rifai dari SMAN 105 Jakarta mengatakan bahwa ia mengikuti UM PNJ sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru terakhir yang diikuti karena tidak diterima di jalur penerimaan mahasiswa baru sebelumnya.

UM PNJ 2019 ini terlaksana dengan aman dan lancar. Namun, tetap ditemukan kecurangan yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru. Tidak ada perbedaan yang berarti dengan pelaksanaan UM PNJ pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain UM PNJ 2019, Politeknik Negeri Jakarta juga menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru lainnya. Pertama adalah Penelusuran Minat dan Bakat Politeknik Negeri (PMDKPN) dengan kuota 30% dari total 2.100 calon mahasiswa baru yang diterima dan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) 2019 dengan kuota 40% dari total 2.100 calon mahasiswa baru yang diterima. Kedua jalur tersebut telah dilaksanakan sebelum pelaksanaan UM PNJ 2019. (KVN/IKP)

Editor : Amelia Riskita

Foto: Depok Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *