Apa Itu Sandbox dalam Drama Start-Up?

0

Serial Start-Up menjadi drama korea (drakor) baru yang naik daun. Serial yang dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, dan Kim Seon Ho ini langsung memuncaki daftar program terpopuler netflix di 10 negara dunia. Tahukah kalian sandbox juga ada di dunia nyata?

Salah satu alasan Start-Up masuk dalam drakor paling favorit ialah relatability dengan kehidupan milenial saat ini. Pemuda dari berbagai kalangan dan latar belakang berlomba menyajikan inovasi bisnis dan layanan, lalu ditambahkan dengan bumbu percintaan antar tokoh.

Start-Up bercerita tentang seorang anak muda, Seo Dal Mi, yang ingin melanjutkan mimpi ayahnya menciptakan teknologi yang berguna bagi dunia. Ia berkompetisi dengan semua orang yang juga berambisi membangun perusahaan rintisan atau start-up dengan bergabung dalam lingkungan sandbox.

Sandbox menggelar sebuah program inkubasi yang melahirkan start-up sukses. Program tersebut, digambarkan selalu diisi oleh orang-orang pintar, visioner, dan pekerja keras. Bukan hanya berasal dari latar belakang teknologi, tetapi mereka juga berkerja di bidang desain, bisnis, dan pemasaran.

Seperti yang telah disebut, perusahaan sandbox dalam drama korea Start-Up ini menggelar program inkubasi perusahaan rintisan, alias start-up. Mereka menjaring orang-orang hebat dengan ide, inovasi, dan solusi untuk didorong membentuk tim start-up yang akan mendapatkan pendidikan, mentoring, serta investasi.

Program inkubasi start-up di dunia nyata semacam ini juga ada. Sebut saja Y Combinator, Agepad, hingga 500 Startups. Perusahaan raksasa teknologi semacam Google dan Facebook umumnya juga menggelar program inkubasi mandiri untuk ikut membangun ekosistem mereka.

Di Indonesia, ada program inkubasi start-up ala sandbox. Penyelenggara program tersebut diantaranya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) lewat program 1.000 Start-Up Digital, Telkom lewat Indigo Incubator, Grab lewat Ventures Velocit, Teknologi The Nextdev, Gojek Xcelerate Founder Institute, dan masih banyak lagi.

Tidak semua start-up akan mendapatkan investasi. Start-up yang mendapatkan investasi sekalipun, bisa jadi gagal berkembang. Start-up yang saat ini bertahan dan besar datang silih berganti. Ada dari start-up tersebut yang kemudian memenangkan pasar, berganti atau ada juga yang berakhir dengan jalan diakuisisi dan merger.

Apakah istilah sandbox dalam dunia digital ?

Istilah sandbox mengacu pada sebuah mekanisme keamanan yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk menjalankan program atau eksekusi file tanpa mempengaruhi aplikasi dan  sistem atau platfrom inti mereka.

Sandbox biasanya digunakan pengembang aplikasi untuk memantapkan sebuah sistem atau program sebelum diluncurkan, diaplikasikan, dan dimanfaatkan oleh banyak orang.

Ahli keamanan menjadikan sandbox tempat menguji software untuk melihat apakah ada celah keamanan yang berbahaya atau tidak.

Beberapa penggunaan sandbox biasanya untuk mengidentifikasi kerentanan di browser web, melindungi software agar tidak bisa di akses pihak ketiga lewat malware, riset keamanan untuk mendeteksi cara kerja peretasan dan virtualisasi untuk menampung dan memeriksa program yang mencurigakan.

Namun, itulah drama fiksi. Jalan ceritanya tak mungkin bisa memuaskan semua orang. Meski begitu, Start-Up merupakan drama yang menghibur jelang akhir tahun serta menghangatkan hati, terutama pada Halmeoni dan Han Ji Pyeong.

Tak cuma itu, mata penonton juga akan bisa terbuai dengan tone dan panorama “ciamik” pada banyak adegan di setiap episode Start-Up. Drama ini pun menawarkan nilai inspiratif bagi mereka yang ingin mengejar mimpi.


Penulis: Widyaningsih

Penyunting: Fadilla Namira

Sumber Ilustrasi: Netflix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *