Sahur merupakan wujud ketaatan kepada Yang Maha Kuasa. Sahur memberikan keutamaan bagi kita untuk menjalankan ibadah selama sehari penuh. Sejak kecil kita mengenal sahur sebagai aktivitas makan yang dilakukan sekitar pukul tiga pagi sampai sebelum waktu subuh. Kegiatan sahur bertujuan untuk mengisi energi agar tubuh siap melaksanakan ibadah puasa, tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Sahur menjadi salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan karena apabila melaksanakannya akan mendapatkan pahala. Tahukah kamu makan sahur yang sehat agar kita kuat berpuasa?

Dilansir dari Tempo.co, pada umumnya tubuh manusia akan merasa lapar sekitar 4-8 jam setelah makan sahur. Kondisi tersebut terjadi karena jumlah hemoglobin dan kadar gula darah dalam tubuh sedang menurun sehingga kita merasa lemas dan lapar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita bisa mencegah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung nutrisi yang lengkap saat sahur agar tetap kuat berpuasa seharian.

Makanan sahur yang baik adalah sebagai berikut.

Karbohidrat kompleks

Sebagaimana kita ketahui bahwa karbohidrat menjadi salah satu sumber tenaga utama. Berbeda dengan karbohidrat biasa, karbohidrat kompleks mengandung serat tinggi agar penyerapan yang diikuti gula darah bisa terjadi secara perlahan, lalu dimasukkan ke sel oleh insulin dalam tubuh. Hal ini yang membuat tubuh tidak merasa lemas saat siang hari.

Karbohidrat kompleks berasal dari makanan yang membuat kenyang lebih lama, yaitu beras merah, kentang, ubi-ubian, jagung, gandum, kacang merah, dsb.

Kaya protein

Makanan kaya protein membantu tubuh agar tetap kuat berpuasa dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Protein terbagi atas protein hewani dan protein nabati. Protein hewani berasal dari daging, ikan, susu rendah lemak, dan putih telur. Sementara itu, protein nabati berasal dari kacang-kacangan beserta olahannya.

Sayur dan buah

Alangkah baiknya saat sahur kita tidak melupakan konsumsi sayur dan buah karena mengandung serat yang tinggi, vitamin, dan mineral sebagai pemasok energi selama puasa. Buah yang baik dikonsumsi saat sahur, antara lain pisang, pepaya, kurma, mangga, dan apel.

Minum air putih yang cukup

Ketika berpuasa jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Air putih dapat menjaga kadar cairan sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan. Dengan begitu, puasa kamu akan berjalan dengan lancar.

Meskipun demikian, bukan berarti saat sahur kamu meminum air putih terlalu banyak untuk menghindari kehausan pada siang hari. Ingat rumus 2-4-2 selama bulan puasa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu! Dua gelas air putih saat sahur, empat gelas air putih saat berbuka, dan dua gelas air putih sebelum tidur. Dengan rumus ini, tubuh tidak akan kekurangan cairan dan kamu pun akan kuat menjalani puasa seharian.

Sahur sehat, puasa kuat! Berbuka nikmat, bulan ramadan penuh rahmat.


Penulis: Munayya Aulia Rahmah

Penyunting: Faqihah Husnul Khatimah

Sumber Ilustrasi/Foto: Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *