Halloween biasanya dirayakan setiap tanggal 31 Oktober dan identik dengan tema yang menyeramkan. Halloween menjadi perayaan yang populer dan wajib dirayakan bagi negara-negara di Amerika dan Eropa.

Biasanya, masyarakat di sana ramai-ramai mendekorasi perayaan Halloween semenarik mungkin. Orang-orang akan memakai kostum yang seram dan unik. 7 Di Indonesia, perayaan Halloween juga kerap dirayakan, tapi tidak diikuti oleh banyak kalangan.

Halloween sangat identik dengan labu. Dilansir dari History, Halloween berasal dari festival bangsa Celtic Kuno, yaitu festival Samhain. Bangsa Celtic—yang hidup sekitar 2.000 tahun yang lalu—merayakan tahun baru mereka pada 1 November. Mereka percaya bahwa pada malam sebelum tahun baru, batas antara dunia orang hidup dan orang mati menjadi kabur.

Secara umum, Halloween disimbolkan dengan labu yang dibentuk menyerupai wajah menyeramkan. Karakter itu disebut Jack O’Lantern. Jack O’Lantern merupakan arwah yang berkeliaran sambil membawa lentera karena dirinya berhasil menipu iblis agar tak dimasukkan ke dalam neraka. Akan tetapi, ia tidak diizinkan masuk ke surga karena dosa-dosanya. Legenda tersebut direpresentasikan menjadi labu seram yang diletakkan di depan rumah.

Di Indonesia, terdapat beberapa kebiasaan yang biasa dilakukan untuk memeriahkan Halloween. Salah satunya adalah lomba kostum Halloween. Lomba kostum Halloween biasanya paling menarik minat anak muda. Sebab, mereka bisa memakai kostum yang terbilang unik dan tidak harus seram. Mereka pun bisa memakai kostum karakter tokoh favorit mereka.

Di tempat-tempat umum seperti kafe/pusat perbelanjaan biasanya juga ikut berpartisipasi dalam memperingati perayaan Halloween dengan mendekorasi tempat. Pernak-pernik dan hiasan dinding memang dipasang untuk memberikan nuansa dan kesan Halloween, mulai dari lampion berbentuk labu, tengkorak, topi hitam, hingga kelelawar yang menjadi ciri khas Halloween.

Wahana rumah hantu juga menjadi favorit saat Halloween. Para pengunjung yang datang menguji nyali diri mereka dan bersenang-senang. Pemutaran film horror di beberapa bioskop pun bertemakan Halloween. Serta yang menjadi favorit banyak kalangan—mulai dari masyarakat hingga sederet selebritis—yaitu challenge Halloween di media sosial. Mereka membuat konten video sampai berfoto dengan makeup dan kostum kemudian diunggah ke media sosial.

Bagaimana Kawan GEMA? Apakah kamu tertarik untuk melakukan salah satu kebiasaan perayaan Halloween?


Penulis: Hanna Ratih Aninditya

Penyunting: Farah Andini

Foto: pexels.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *