HydroAction Project : Safari Sekolah Sebagai Ajang Edukasi Hidrasi Sehat

0

Air menjadi kebutuhan penting serta sebagai kendali akan kesehatan manusia. Fenomena seperti penyakit diabetes, gagal ginjal, dan obesitas di Indonesia masih tergolong tinggi. Hal ini didukung dari riset oleh European Journal of Nutrition yang menyatakan bahwa masih ada setidaknya satu dari lima anak di Indonesia masih belum mencukupi kebutuhan air harian mereka. Pasalnya, gaya hidup hidrasi sehat perlu disuarakan lebih nyaring lagi sehingga HydrAction Project terus berkomitmen untuk menebarkan kebaikan dengan menanamkan kebiasaan perilaku hidrasi sehat di Indonesia, khususnya pada anak-anak yang lebih mudah dibentuk pola kebiasaannya daripada orang dewasa.

HydrAction Project adalah sebuah kegiatan yang berfokus untuk memberikan edukasi tentang gaya hidup sehat serta hidrasi yang baik kepada khalayak luas, mulai dari anak-anak hingga remaja. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi nyata antara AIESEC dan Danone-AQUA sebagai manifestasi dari kepedulian akan masalah kecukupan hidrasi yang masih kurang di kalangan masyarakat Indonesia.

Sejak pertama kali diadakan pada 2017, HydrAction Project mempunyai fokus yang berkembang setiap tahunnya, yaitu memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya membiasakan minum air yang cukup dan cara berperilaku hidrasi sehat yang baik. Tahun ini, HydrAction Project melakukan Safari Sekolah ke tujuh daerah berbeda yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Sumatra. Sebanyak lebih dari 16.000 siswa sekolah dasar dari 73 sekolah telah dikunjungi untuk pelaksanaan Safari Sekolah berhasil diedukasi melalui HydrAction Project.

Kampanye dan edukasi oleh HydrAction Project dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting yang dikemas secara menarik, kreatif, dan interaktif sehingga siswa sekolah dasar yang menjadi target audiens menunjukkan respons yang sangat positif dilihat dari banyaknya interaksi yang terjadi serta ketertarikan mereka dalam mengikuti seluruh rangkaian acara.

Salah satu sekolah yang menjadi tempat dilangsungkannya Safari Sekolah di DKI Jakarta yaitu SD Santa Ursula, Jakarta Pusat. Kepala Sekolah Santa Ursula, Yohanes Narno, memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan ini, bahwa perilaku hidrasi sehat perlu digalakkan kepada siswa/siswi agar  kebutuhan air di dalam tubuh terpenuhi setiap harinya. Selain itu, para guru SD Santa Ursula juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Safari Sekolah ini melalui pendampingan yang dilakukan ketika kegiatan berlangsung. Safari sekolah berlangsung selama dua sesi pada waktu yang sama terbagi menjadi kelas kecil (kelas 1–3) dan kelas besar (kelas 4–6) dengan total kehadiran sebanyak 480 siswa. Semangat dan antusiasme para murid dapat dirasakan dengan banyaknya pertanyaan kritis yang diajukan oleh mereka mengenai materi yang diberikan. HydrAction Project telah berhasil mengedukasi tentang perilaku hidrasi sehat. Hal ini terbukti dari banyaknya respons yang telah masuk melalui survei yang diadakan oleh HydrAction Project untuk mengukur perubahan kebiasaan minum air siswa sekolah dasar yang telah dikunjungi.

“Saya senang sekali dengan konsep kegiatan ini, yaitu mengingatkan kita akan pentingnya minum air mineral yang cukup. Semoga di lain waktu kami mendapat kesempatan seperti ini lagi dengan hadirnya HydrAction Project ke SD Santa Ursula sehingga anak anak dapat menimba ilmu dari kakak – kayak AIESEC,” ungkap Ibu Maria Ignatia, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD Santa Ursula, Jakarta Pusat.

Dalam rangkaian acara Safari Sekolah, para siswa sekolah dasar juga diberikan kesempatan untuk berkompetisi dalam pembuatan video kreatif yang bertujuan untuk menyebarkan kesadaran pentingnya minum air bagi masyarakat Indonesia. Pemenang dalam kompetisi ini akan dinobatkan sebagai Duta Safari Sekolah dari HydrAction Project sendiri yang dipilih satu siswa dari setiap sekolah yang dikunjungi oleh tim HydrAction Project.

Selain melakukan Safari Sekolah, HydrAction Project juga melakukan  kampanye secara virtual dengan target para pemuda melalui media sosial Instagram dan TikTok. Setiap minggunya, dapat dijumpai berbagai macam variasi konten dari tim HydrAction yang mengajak masyarakat Indonesia agar memenuhi kebutuhan hidrasi mereka.

Kehadiran serta komitmen HydrAction Project diharapkan dapat terus membantu meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya minum air yang cukup dan memulai kebiasaan pola hidup yang lebih bersih dan sehat.


Sumber Foto: Hydroaction

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *