Encanto: Kamu Sempurna Apa Adanya

0

Sutradara: Jared Bush, Byron Howard

Produser: Yvett Merino, Clark Spencer

Produksi: Walt Disney Pictures

Penulis cerita: Jared Bush, Byron Howard, Charise Castro Smith, Jason Hand, Nancy Kruse, dan Lin-Manuel Miranda

Pemain: Stephanie Beatriz, María Cecilia Botero, John Leguizamo, Mauro Castill, Jessica Darrow, Angie Cepeda, Carolina Gaitán, Diane Guerrero, dan Wilmer Valderrama

Durasi: 109 menit

Garis Besar Isi Karya:

Film ini menceritakan keluarga Madrigal yang tinggal di rumah ajaib di daerah Encanto. Semua anggota keluarga Madrigal dianugerahi kemampuan spesial sejak lahir, tetapi sayangnya tidak untuk Mirabel Madrigal. Mirabel sudah menerima takdir bahwa dia tidak diberkati sihir sama sekali seperti anggota keluarga lainnya. Hingga pada suatu hari, Mirabel mulai menyadari adanya ancaman yang akan datang pada keluarga Midragal dan akhirnya Mirabel mencari jalan keluarnya  dengan bantuan pamannya, Bruno.

Cerita ini berawal dari keluarga Madrigal dan warga yang terpaksa harus meninggalkan rumah mereka karena adanya ancaman bahaya. Dalam perjalanan, mereka dikejar oleh bandit, hingga akhirnya sang suami, Pedro Madrigal, meninggal dalam perjalanan saat melindungi Alma dan ketiga anaknya. Pada saat Alma menangis karena meninggalnya sang suami, sebuah lilin menjadi ajaib dihadapannya dan melindungi semua orang di sana. Lalu, munculah daerah bernama Encanto, rumah baru untuk berlindung bagi mereka.

Pada usia tertentu, keluarga Madrigal diberikan kemampuan spesial oleh lilin ajaib, sihir yang mereka dapatkan berguna untuk menolong dan melindungi warga Encanto. Ketiga anak dari Alma, yang pertama yaitu Bruno, diberkati sihir yang bisa melihat masa depan. Lalu Julieta, memiliki sihir penyembuh melalui makanan yang ia buat. Dan terakhir, Pepa yang memiliki sihir kontrol cuaca sesuai emosinya.

Semua anggota keluarga Madrigal diberkati sihir sejak lahir kecuali Mirabel. Mirabel sudah menerima takdirnya, tetapi beberapa anggota keluarga Madrigal, terutama sang nenek, Alma selalu memarahi Mirabel karena selalu membuat masalah dan tidak spesial.

Pada hari penerimaan kekuatan sihir Antonio, Mirabel menyadari bahwa ada ancaman yang akan datang kepada keluarga Madrigal. Ia melihat rumah ajaib retak. Mirabel menceritakan penglihatannya kepada semua keluarganya, tetapi tidak ada yang percaya dan yakin bahwa Mirabel hanya berkhayal. Setelah kejadian itu, Mirabel bertekad mencari jawaban untuk melindungi keluarga dan rumah ajaibnya.

Keesokan harinya, Mirabel bertanya soal masalah sihir semalam kepada sang sepupu, Dolores, yang memiliki kekuatan sihir mendengarkan suara dari jarak jauh. Akan tetapi hasil yang didapatkan nol. Akhirnya, Mirabel pergi bertanya ke Luisa. Sang kakak keduanya bercerita bahwa kekuatannya melemah saat kejadian semalam itu dan menyalahkan bahwa Bruno-lah penyebabnya.

Setelah mendengar perkataan Luisa, ia yakin untuk mengunjungi menara pamannya yang dikucilkan oleh keluarga Madrigal, Bruno. Mirabel akhirnya mencapai puncak menara atas, tetapi ia tidak menemukan keberadaan Bruno. Mirabel tetap tidak menyerah dan akhirnya ia mendapatkan Penglihatan Bruno berupa serpihan kaca bersinar hijau yang menunjukkan nasib Mirabel di masa depan.

Saat keluar dari menara milik Bruno, serpihan kaca yang dibawa Mirabel diketahui oleh ayahnya dan ternyata Dolores menguping pembicaraan mereka tentang Penglihatan Bruno. Acara pertemuan keluarga Guzman dan keluarga Madrigal terlihat kacau karena Dolores menyebarkan cerita tersebut kepada semua anggota keluarga Madrigal.

Setelah kejadian tersebut, Mirabel mengikuti tikus-tikus yang membawa serpihan kaca dan menemukan Bruno dalam kondisi menyedihkan. Sesudah pertemuan pertama mereka, Mirabel menanyakan soal Penglihatan Bruno tentang masa depan Mirabel. Bruno menjawab masa depan Mirabel belum ditentukan karena penglihatan miliknya sering berubah-ubah dan alasan itulah yang membuat Bruno harus meninggalkan menara dengan tujuan melindungi keluarganya.

Keluarga Madrigal terlihat bertengkar dan warga Encanto terlihat cemas soal sihir keluarga Madrigal. Keadaan desa terlihat kacau, sedangkan Mirabel dan Bruno tetap melakukan ramalan untuk memastikan masa depan Mirabel dibantu oleh Antonio. Pada ramalan tersebut, Mirabel menemukan solusi untuk menyelamatkan desa Encanto. Nasib keluarga Madrigal dan desa Encanto ada di tangan Mirabel.

Solusi yang Mirabel dapatkan adalah berbaikan dengan Isabela, sang kakak pertama yang selalu terlihat sempurna dan paling Mirabel benci. Isabela memiliki kekuatan sihir membuat bunga yang indah dan selalu sempurna. Dengan bantuan Mirabel, Isabela akhirnya bisa menemukan jati diri yang sesungguhnya dan akhirnya mereka berbaikan. Kekuatan sihir Isabela berkembang, ia bisa membuat tanaman yang aneh selain bunga mawar yang indah.

Mirabel membuat Isabela menjadi tidak terkendali dan mengatakan hal yang membuat Mirabel sedih tentang ia yang tidak mempunyai sihir. Akhirnya rumah ajaib pun retak, sihir keluarga Madrigal menghilang, dan Encanto hancur akibat perseteruan antara Mirabel dan Alma.

Mirabel pergi menenangkan diri ke tepi sungai dan Alma menemukannya. Alma mengatakan bahwa sungai yang mereka kunjungi ini adalah tempat keluarga Madrigal saat menerima keajaiban dan meninggalnya sang suami, Pedro. Mirabel dan Alma saling berbaikan dan berpelukan di tengah sungai. Bruno akhirnya kembali dan menunjukkan sosoknya kepada keluarga Madrigal. Setelah itu, rumah ajaib diperbaiki dengan bantuan warga Encanto. Pada akhirnya, kekuatan sihir milik keluarga Madrigal dan Encanto kembali.

Ulasan:

Film ini memiliki latar belakang dari Kolombia sama seperti film Disney lainnya, Coco. Visual dan sinematografi dalam film Encanto sangat bagus, unik, dan colourful yang memanjakan mata. Cerita ini juga cukup relate tetapi tidak membekas di hati. Cerita yang dimiliki Encanto cukup menarik. Tema cerita yang dipakai adalah keluarga yang juga menceritakan ekspektasi keluarga terhadap anak yang harus terlihat sempurna di mata orang lain.

Encanto merupakan film musikal, sehingga film ini kebanyakan adegan bernyanyi. Untungnya soundtrack dari Encanto semuanya bagus, terutama soundtrack “We Don’t Talk About Bruno” yang sangat unik. Selain itu, penyelesaian masalah Encanto sangat cepat dan alur cerita mudah ditebak. Namun, akhir ceritanya tidak terlalu dijelaskan sehingga ada beberapa penonton yang kebingungan dan berharap Mirabel dapat kekuatan sihir.

Kutipan Favorit:

You’re just as special as anyone else in this family.” – Julieta

Kata-kata yang diucapkan Julieta kepada Mirabel yang sedang sedih karena hanya ia yang tidak punya sihir di keluarga Madrigal dan selalu tidak dianggap.

I was given a miracle, a second chance. And I was afraid to lose it. I lost sight of who the miracle was for.” -Abuela

Alma adalah orang pertama yang menerima keajaiban dari lilin ajaib. Keajaiban tersebut telah memberikan ia kesempatan kedua untuk melindungi keluarga Madrigal dan warga desa Encanto.


Kontributor: Narissa Nurulita Pamuji

Penyunting: Muhammad Rheza Fahlevi

Foto: Disney Movie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *