Makna Mendalam dari Novel Laut Bercerita

0

Novel karya Leila S. Chudori kerap menjadi perbincangan akhir-akhir ini di platform media sosial dan masuk posisi kedua best selling books di toko buku ternama.

Untuk kaum milenial, terutama mahasiswa penggemar novel yang bertema politis, puitis, persahabatan, dan cinta, Laut Bercerita merupakan pilihan yang tepat.

Novel ini mengangkat isu era Orde Baru dari sudut pandang kawanan mahasiswa yang diculik. Selain itu, sudut pandang orang-orang ditinggalnya membuat campur aduk emosi  pembaca.

Berikut beberapa makna mendalam dari novel Laut Bercerita yang menjadi alasan mengapa kamu harus membacanya.

1. Persahabatan dan pengkhianatan

Novel ini mendeskripsikan makna persahabatan dan bagaimana mereka membentuk kelompok kecil untuk melawan ketidakadilan Orde Baru secara gerilya. Tak hanya itu, di dalamnya juga menceritakan pahitnya dikhianati teman yang pernah berjuang bersama-sama.

2. Perjuangan atas keadilan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mereka mempunyai kelompok kecil (aktivis) yang bernama Winatra. Mereka diam-diam melakukan aksi perlawanan terhadap rezim dan menghadapi berbagai siksaan fisik. Secara bergantian dicambuk, disetrum, dan dilentangkan pada balok es dengan gambaran narasi yang menakjubkan oleh sang penulis.

3. Kasih sayang keluarga

Sudut pandang cerita dari sisi keluarga yang ditinggal oleh anak, kakak, dan suami menjadi korban penculikan Orde Baru sehingga menyentuh sisi simpati setiap pembacanya.

4. Politik dan cinta

Menceritakan bagaimana satu sama lain dapat berkomunikasi dibalik jeruji dan persembunyian. Selain itu, pahitnya cinta yang pada akhirnya terpisahkan oleh maut dan politik sehingga menyentuh hati para pembaca.

5. Trauma masa lalu

Pasca kejadian bagaimana korban, teman korban, pasangan korban, dan keluarga korban melewati masa-masa sulit dan saling menguatkan satu sama lain.

 

Tidak hanya itu, tentu masih banyak pesan tersirat yang tersampaikan dengan indah pada setiap katanya. Terdapat pula puisi yang menggambarkan kerinduan akan rumah dan orang-orang tercinta.

Novel ini sukses karena mengangkat isu yang krusial, tetapi dibalut dengan frasa yang indah. Laut Bercerita juga merilis short movie yang diperankan oleh Reza Rahardian dan Dian Sastrowardoyo. Namun, hanya bisa dinikmati secara terbatas.


Penulis: Lingga Hasna Salsabila

Penyunting: Fadilla Namira

Foto: Google Books

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *