Pemerintah Luncurkan SBR013T2 dan SBR013 untuk Investasi

0

Foto: Setya Wahyu Pradana/GEMAGAZINE

GEMAGAZINE – Pemerintah Indonesia berupaya menyediakan instrumen investasi yang aman dan menguntungkan bagi masyarakat. Investasi yang dihadirkan yaitu melalui Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR013T2 dan SBR013T4. Saving Bond Ritel (SBR) adalah Surat Utang Negara yang diterbitkan pemerintah untuk warga negara Indonesia. SBR dapat dibeli oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk.

SBR013T2 dan SBR013T4 memiliki masa penawaran yang dimulai sejak 10 Juni sampai 4 Juli 2024, serta masing-masing seri memiliki tenor selama 2 tahun dan 4 tahun. Investasi ini bertujuan untuk pemenuhan target pembiayaan APBN tahun 2024.

Kedua, seri investasi ini menawarkan kupon yang bersifat mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with floor) dan mengacu pada Bank Indonesia, tingkat kupon akan disesuaikan setiap tiga bulan pada tanggal penyesuaian kupon sampai dengan jatuh tempo.

Keuntungan dari Berinvestasi dengan SBR013T2 dan SBR013T4

Berinvestasi dengan SBR013T2 dan SBR013T4 memberi sejumlah keuntungan. Pertama, pembayaran pokok dan kuponnya dijamin penuh oleh negara sehingga bebas gagal bayar. Investor tidak perlu khawatir tentang kemungkinan tidak dibayarnya kembali investasi mereka, baik pokok maupun bunga yang dijanjikan.

Kedua, memberikan tingkat imbalan yang kompetitif dan lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN. Investor bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari SBR dibandingkan dengan menempatkan uang mereka di deposito bank.

Ketiga, fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) tanpa dikenakan biaya pencairan (redemption cost) oleh pemerintah. Investor fleksibel untuk mencairkan investasi sebelum jatuh tempo tanpa dikenakan biaya tambahan.

Keempat, kemudahan akses transaksi melalui sistem elektronik (online). Proses pembelian, penjualan, dan pengelolaan investasi SBR dapat dilakukan secara online, sehingga membuat investor lebih mudah dan nyaman untuk bertransaksi tanpa perlu datang ke bank.

Kelima, mendukung pembiayaan pembangunan nasional, di antaranya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Dana yang terkumpul dari SBR digunakan pemerintah untuk membangun proyek pembangunan yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.  

Cara Berinvestasi di SBR013T2 dan SBR013T4

Pertama, akses terlebih dahulu landing page SBR di www.kemenkeu.go.id/sbr. Kemudian, pilih salah satu link platform elektronik Mitra Distribusi yang akan dibeli. Setelah menentukan Mitra Distribusi, selanjutnya akan menuju platform elektronik Mitra Distribusi.

1. Registrasi

Registrasi melalui Sistem Elektronik Mitra Distribusi dengan memasukkan informasi paling kurang mengenai Single Investor Identification (SID), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga yang dimiliki. 

Bagi calon investor yang belum memiliki SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, harus terlebih dahulu membuatnya dengan dibantu oleh Mitra Distribusi. Sebelum melakukan registrasi, calon investor wajib terlebih dahulu membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan sistem elektronik serta memastikan bahwa data yang disampaikan adalah benar dan lengkap.

2. Pemesanan

Selanjutnya, melakukan pemesanan melalui Sistem Elektronik Mitra Distribusi. Pemesanan yang telah terverifikasi (verified order) akan mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) via Sistem Elektronik Mitra Distribusi atau Email. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

3. Pembayaran

Lakukan pembayaran melalui Bank Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking, mobile banking). Batas waktu yang  dimiliki adalah selama tiga jam. Calon investor memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi completed order via Sistem Elektronik Mitra Distribusi dan Email yang terdaftar.

4. Konfirmasi

Terakhir, konfirmasi. Menerima bukti konfirmasi pemesanan SBN ritel via Sistem Elektronik Mitra Distribusi dan Email yang terdaftar.

 

(aan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *