Macet Panjang, Uji Coba Secure Parking Dihentikan Sementara

0

Gemagazine — Penerapan secure parking di kawasan Universitas Indonesia (UI) masih menimbulkan polemik, pada uji coba hari pertamanya saja kemacetan panjang terjadi di beberapa pintu masuk kampus UI.

Alhasil, sejumlah massa yang terdiri dari Aliansi BEM se-UI, BEM PNJ, masyarakat, dan Ojek Mitra Kampus (OMK) melakukan aksi di depan Gedung Rektorat UI menuntut agar mengkaji ulang kebijakan secure parking.

Menanggapi massa aksi, pihak UI buka suara. Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas Gandjar Kiswanto, mengatakan imbas dari kemacetan di beberapa titik, pihaknya akan menunda pemberlakuan uji coba secure parking.

Prof. Dr. Ir. Gandjar Kiswanto, M.Eng. selaku Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas hadir di tengah massa aksi.

“Dengan adanya antrian kendaraan pagi tadi, masa uji coba khusus untuk kendaraan roda dua tidak diberlakukan, untuk roda empat tetap berjalan,” kata Gandjar di Kampus UI, Senin (15/7).

Gandjar menjelaskan alasan dibalik pemberlakuan sistem secure parking, pihaknya ingin kampus menjadi ramah lingkungan. Untuk itu secure parking menurutnya dapat mengendalikan jumlah kendaraan, bukan malah melarang.

“Dengan mekanisme ini (secure parking) kita berharap ada peningkatan keselamatan dalam berlalu lintas oleh seluruh civitas UI maupun lainnya. Karena in dan out tercatat. Ini juga akan meningkatkan keamanan di UI,” ujar Gandjar.

Tak hanya itu, Gandjar mengatakan bagi masyarakat di Kukusan ataupun Beji yang ingin ke Jakarta akan dibuatkan jalan khusus. “Kita sebut BORR (Bikers Outer Ring Road), di utara untuk ke arah Jakarta dan di selatan untuk ke arah Margonda,” tambah Gandjar.

Gandjar juga menerangkan bahwa apa yang akan didapatkan dari secure parking akan dikembalikan untuk fasilitas bersama, pihaknya tidak akan mengambil keuntungan dengan berlakunya tarif parkir.

Pihaknya berjanji akan memperbaiki infrastruktur yang ada baik itu jalan maupun parkir. Gandjar juha mengatakan akan ada perbaikan jalan, perbaikan saluran, perbaikan tempat pembuangan sampah untuk masyrakat sekitar.

Sebelumnya, kemacetan panjang terjadi imbas dari uji coba kebijakan sistem secure parking. Penumpukan kendaraan terjadi di sejumlah titik pintu masuk kawasan UI, mulai dari Gerbang Utama Kampus UI, Gerbang Pondok Cina, Gerbang Kukusan Teknik (Kutek), Gerbang Kukusan kelurahan (Kukel), dan Gerbang PNJ Beji. (DA)

Foto : Adhi Idham & Muhammad Arizkika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *