Perdana Pascapandemi, PNJ Selenggarakan Kuliah Umum dan Halalbihalal

0

Kuliah umum dan halalbihalal yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Jakarta pada Jumat (13/05/2022) mengangkat tema “Sinergitas dan Istiqomah dalam Mewujudkan The New PNJ Berdaya Saing Internasional”.

Acara ini dibuka oleh Direktur PNJ Dr. Sc. H. Zainal Nur Arifin, Dipl-Ing. HTL., M.T. mengungkapkan perlu sinergi bersama antarkomponen di PNJ yang dapat mewujudkan The New PNJ yang unggul berkelas dunia pada tahun 2029.

Dalam perkembangan menuju pembangunan di PNJ terdapat dinamika yang perlu dihadapi sebagai latar belakang sehingga perlu langkah positif, sikap optimisme, dan kreativitas. Mengingat PNJ akan menginjak usia 40 tahun perlu dibangun sisi kelembagaan, sumber daya manusia, dan cara kerja yang lebih baik.

Dalam acara halal bihalal pula dijadikan momentum untuk doa bersama, mengingat masa pandemi kemarin kita banyak ditinggalkan oleh kerabat, sahabat, bahkan civitas di PNJ.

Selain itu, dalam acara ini diisi oleh tausiah dari Ustaz Dr. M. Yusuf Sidik M.A. Beliau mengatakan bahwa titik poin dari tema yang diangkat yaitu sinergitas yang berarti kerja sama dan istiqamah yang berarti lurus. Hal ini mengingatkan kita akan anjuran agama Islam yang mengharuskan kemampuan bekerja sama dalam mengarungi kehidupan.

Ketika zaman Nabi Muhammad Saw. Beliau menetap di Madinah yang di dalamnya bukan hanya orang muslim tapi terdapat agama lain. Maka, terciptalah Piagam Madinah sebagai bentuk toleransi dan kerja sama antarumat yang berbeda agama agar kerukunan tetap terjalin.

Dalam Alquran anjuran bekerja sama perlu ditanamkan dengan akhlak dan akidah sebagai pedoman yang dimiliki untuk implementasi dalam kehidupan sebagai bentuk ketakwaan dan kemaslahatan hidup di dunia serta bekal di akhirat kelak.


Penulis: Melan Eka Lisnawati

Penyunting: Muhammad Rheza Fahlevi

Foto: Zoom Meeting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *