Pentingnya Support System di Kalangan Mahasiswa

0

pexels.com

Foto: Pexels.com

Pendidikan tinggi adalah fase yang paling penting dalam kehidupan seorang mahasiswa, di mana mereka akan menghadapi berbagai tantangan dan tekanan. Dalam menghadapi segala kesulitan ini, memiliki support system yang kuat adalah sebuah keharusan. Beragam permasalahan mahasiswa yang biasanya terjadi jika ia berada di titik terendahnya adalah kesepian dan mengalami overthink yang berlebihan, sehingga hal tersebut akan menimbulkan peluang untuk melakukan self-harm dan bunuh diri. Oleh sebab itu, support system ini akan sangat berperan penting untuk mahasiswa.

Support system terdiri dari orang-orang yang dapat memahami, menyemangati, dan selalu peduli terhadap setiap situasi yang kita lalui. Baik itu situasi yang menyenangkan maupun yang menyulitkan kita. Support system ini mencakup berbagai bentuk dukungan, mulai dari keluarga, teman-teman, hingga lingkungan.

Berikut bentuk-bentuk dukungan dari berbagai aspek:

  1. Keluarga
    Keluarga adalah orang terdekat yang selalu ada di hidup kita, terdiri dari ayah, ibu, kakak, dan adik. Umumnya, bentuk dukungan dari keluarga adalah selalu meluangkan waktu untuk quality time dengan seluruh anggota keluarga, mendukung setiap keputusan yang ingin dilakukan, serta memberikan apresiasi atas pencapaian yang telah diraih.
  2. Teman-teman
    Teman-teman adalah salah satu support system yang memiliki peran paling penting karena mereka dapat menjadi teman untuk bertukar pikiran atau sekadar bersama-sama menghadapi tekanan di bangku kuliah. Selain itu, peran teman juga dapat membantu dalam hal belajar kelompok dan bisa menjadi pendengar yang baik ketika temannya membutuhkan seseorang untuk berbicara tentang masalah kesehatan mental dan memberikan semangat, serta motivasi.
  3. Lingkungan
    Lingkungan juga termasuk sebagai salah satu contoh support system yang berpengaruh di kalangan mahasiswa, khususnya lingkungan kampus, seperti pemberian bimbingan dan mendukung mahasiswa untuk berkembang dalam aspek akademis, sosial, dan karier mereka.

Mahasiswa adalah pewujud harapan bangsa. Sudah selayaknya kita sebagai masyarakat Indonesia mendukung dan memberikan mereka motivasi. Oleh sebab itu, support system di kalangan mahasiswa sangat penting karena hanya dengan hal-hal kecil yang kita lakukan dapat membuat seseorang berdiri tegak.

 

(vmg/inm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *